Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Siswa Low Vision

Authors

  • Rina Agustina Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nurul Farida Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9753

Abstract

Low vision merupakan bagian dari tunanetra. Siswa low vision memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Dalam pembelajaran matematika siswa low vision juga membutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang dapat menigkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan analisis kebutuhan bahan ajar matematika bagi siswa low vision. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Penelitian ini melibatkan 15 responden yaitu guru yang mengajar siswa low vision dari SLB Negeri Metro, SLB A Bina Insani Bandar Lampung, SLB A Citeureup Cimahi, MTS dan SLB A Yaketunis Yogyakarta. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah jumlah media pembelajaran yang tersedia masih terbatas, media masih berupa benda konkret yaitu kayu, besi, dan kertas, penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran masih dipandu oleh guru, penggunaan android belum menunjang pembelajaran matematika, media pembelajaran tidak lengkap dan terpisah dari buku sehingga media sering hilang setelah pembelajaran selesai, guru membutuhkan bahan ajar 3D, dan Guru membutuhkan aplikasi yang memudahkan siswa low vision dalam pembelajaran.

References

Camalia, F. (2016). "Pengembangan Audiobook Dilengkapi Alat Peraga Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Tunanetra Kelas VIII SMP" . Skripsi, tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Effiong, Ekpo, O., dan E, Igiri. C. 2015. Impact Of Instructional Materials In Teaching And Learning Of Biology In Senior Secondary Schools In Yakurr LG A. International Letters of Social and Humanistic Science. Vol. 62, pp 27-33. ISSN: 2300-2697.

Hamed, R., Azri, A., & Al-rashdi, M. H. (2014). "The Effect Of Using Authentic Materials In Teaching". International Journal Of Scientific & Technology Research, 3(10), 249-254.

Nwike, M. C., & Catherine, O. (2013). "Effects of Use of Instructional Materials on Students Cognitive Achievement in Agricultural Science". Journal of Educational and Social Research, 3(5), 103-107.

Prabawati, C. (2015). "Kecukupan Sarana dan Prasarana di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Bantul". Skripsi ,tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Somantri, S. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Suryadinata, N dan Farida, N. (2016). "Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Inklusi Kota Metro (Studi Kasus pada Siswa Tunagrahita Ringan), Aksioma. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5 (1), 94-104.

Umam, K., Nugroho, Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Undang-undang Negara Republik Indonesia No 4 tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat.

Wardani, Astati, Hernawati T., & Somad P. 2009. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas terbuka.

Wallace, A. I., & Benson, E. (2016). "Effects Of Instructional Materials On The Teaching And learning of Social Studies In Secondary Schools In Oju Local Government Area Of Benue State Effects". International Journal of Current Research, 8 (7),33859-33863.

Winarsih, Sri. dkk. (2013). "Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping Tua, Keluarga, dan Masyarakat". Jakarta: Tim Penyusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan SISWA Republik Indonesia.

Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.

Widada, Wahyu, & Herawaty, D. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students ’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088(012028), 1–6.

Widada, Wahyu, Herawaty, D., Ma’rifah, N., & Yunita, D. (2019). Characteristics of Students Thinking in Understanding Geometry in Learning Ethnomathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3496–3503.

Published

2019-12-02

How to Cite

Agustina, R., & Farida, N. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Siswa Low Vision. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 58–66. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9753