Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Yulfitri Saleh Haji Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu
  • Nirwana Nirwana Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9755

Keywords:

Pencapaian konsep, Etnomatematika, Kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Kemampuan Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Rejang Lebong masih tergolong rendah. kemampuan penalaran matematika di SMP Rejang lebong terlihat pada nilai rata – rata klasikal siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yaitu sebesar 52,04 belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 72. Akar penyebab dari rendahnya Kemampuan pemecahan masalah matematika yang paling dominan adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Maka perlu adanya perlakuan untuk mengatasi permasalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbasis etnomatematika terhadap Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp di Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Dengan hasil penelitian menyatakan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbasis etnomatematika terhadap kemampuan Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 53,3 %. Serta terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran matematika antara kelas eksperimen dan kontrol dengan asumsi bahwa kelas dengan model pembelajaran pencapaian konsep berbasis etnomatematika lebih baik dari pada kelas konvensional.

 

References

Haji, S. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep melalui pembelajaran matematika concept-rich. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Prodi S2 Pendidikan Matematika, 14 Maret 2014.

Herawaty, D dan Rusdi, R (2016). Increased Capisity of The Understanding of the Concepts and The Ability To Solve Problems Through the Based On Cognitif Conflict Student. Infinity Journal Vol. 5 No. 2 hal. 109-120

Herawaty, D dkk (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berdasarkan Konflik Kognitif SIswa. Proceeding The 2016 international Seminar On Education Jambi University.

Herawaty, D dan W. Widada (2017) The Influence of Contextual Teaching and the Cognitive Conflict to Understand Mathematical Concepts and Problem Solving Abilities. Proceeding : International Conference On Mathematics, Science, and Education August 2017 UM. Malang

Herawaty, D & Widada, W dkk. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conf.series 1088.

Istarani, 2012. 58 Model Pembelajaran Innovatif. Medan. Media Persada

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nirwana. 2017. Penggunaan Media Komputer Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kuantum Learning Pada Mata Kuliah Filsafat Matematika Mahasiswa S2 Prodi Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 2, No. 2 Tahun 2015: 155–160.

Polya, G. 1957. How To Solve It:, 2nd ed. Princeton University Press. 1957, ISBN 0-691-08097-6. [online]. Tersedia: http://www.math.utah.edu/-pa/math/polya.html

Widada, W. 2015. Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 22, No. 1, Maret 2015: 31–44. https://s2pendmtkunib.files.wordpress.com/2017/01/artikel-jurnal-nasional-litdik-unesa-wahyu-widada_edit-31-44.pdf.

(diakses 06 Maret 2018).

Widada, Herawaty & Lubis. 2018. Realistic Mathematics Learning Based on the Ethnomatematics In Bengkulu to Improve Students’ Cognitive Level. The 6th South East Asia Design Research International Conference. IOP Publishing. Journal of Physics.

Widada, W. & Herawaty, D. 2017. Realistic Mathematics Learning Based on Bengkulu Ethnomatematics to Increase Cognitive Level. Bengkulu International Converence on Science and Education.

Widada, W & Herawaty, D. 2017. The Effect of the Extended Triad Model and Cognitif Style on the Ability of Mathematical Representation and Proving of Theorem. Adanced in Social Science, Education and Humanities Research. Volume 218.

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.

Published

2019-12-02

How to Cite

Saleh Haji, Y., & Nirwana, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 76–85. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9755