Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Kota Bengkulu

Authors

  • Shelly Trihasari Saleh Haji Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu
  • Nirwana Nirwana Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9757

Keywords:

Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pretest dan posttest. Dan dengan menggunakan uji Ancova. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Keberbakatan Olahraga Provinsi Bengkulu, dengan sampel sebanyan 21 orang dari 110 orang siswa. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh linier kovariat kemampuan awal pemecahan masalah terhadap kemampuan akhir pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Dengan nilai statistik F = 6,667 dan angka signifikansi 0,014.

References

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Herawaty, D., Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2019). Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012080), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012080

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Iswanto. 2016. “Penerapan Problem Based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Toboali”. Tesis. Pasca Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.

Neter, dkk. 1990. Applied Linier Statistical Models Regression Analysis of Variance and Experiental Designs. USA: IRWIN.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jica.

Widada, W., Agustina, A., Serlis, S., Dinata, B. M., & Hasari, S. T. (2019). The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012082), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012082

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Widada, W., Herawaty, D., Mundana, P., Agustina, Putri, F. R., & Anggoro, A. F. D. (2019). The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012081), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012081

Widada, W., Nugroho, K. U. Z., Sari, W. P., & Pambudi, G. A. (2019). The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012073), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012073

Published

2019-12-02

How to Cite

Saleh Haji, S. T., & Nirwana, N. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9757