Level Berpikir Siswa dalam Memahami Konsep dan Prinsip Bangun Ruang dengan Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Beradasarkan Teori APOS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9759

Keywords:

Teori APOS, bangun Ruang, dan Etnomatematika

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Skema Dan Sintaks Teori Apos Dalam Memahami Konsep Dan Prinsip Bangun Ruang Dengan Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Siswa SMP N 22 Kota Bengkulu. Penelitian ini ditinjau dari jenisnya termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, RPP, LKPD, lembar tes, wawancara dan lembar pengamatan (observasi). Analisis yang digunakan adalah analisis dekomposisi genetik.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat Perkembangan skema siswa SMP N 22 Kota Bengkulu dalam memahami prinsip bangun ruang berdasarkan teori APOS dengan pendekatan  Pembelajaran Etnomatematika terbagi menjadi 3 kelompok yaitu; Kelompok 1 siswa berada pada tahap (Aksi) dengan Level intra siswa mampu mengidentifikasi masalah, menyusun dan mencoba berbagai strategi yang mungkin digunakan untuk menyelesaikan masalah. Kelompok 2 siswa berada pada tahap (Proses) dengan Level semi inter siswa telah mengidentifikasi masalah, menyusun dan mencoba berbagai strategi yang mungkin (Specializing), kemudian siswa merefleksi ide/gagasan yang dibuat (Generalizing), Kelompok 3 siswa berada pada tahap ini yaitu tahap (Objek) dengan Level inter siswa telah menyelesaikan masalah, menyusun dan mencoba berbagai strategi yang mungkin pada permasalahan soal (Specializing)  dengan Merefleksi ide/gagasan yang dibuat dan Memperluas cakupan hasil yang diperoleh (Generalizing). Sintaks pembelajaran tentang bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS dan pendekatan Pembelajaran Etnomatematika ada 4 tahap sebagai berikut; 1. Tahap aksi, Level Intra 2. Tahap Proses, Level Semi-inter 3. Tahap Objek, Level Inter 4. Tahap Skema.

 

References

Anton Prayitno, V. L. (2018). Performance of Understanding Students’ Construction In The Naming Fraction of The Three Representation. Journal of Physics: Conference Series , 1-8.

D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics, For the Learning of Mathematics.Canada: FLM Publishing Association, Montreal, Quebec.

D'Ambrosio. (1999). Literacy, Matheracy, and Technoracy: A Trivium for Today. Mathematical Thinking and Learning 1(2), 131-153.

Dubinsky, E., & Mcdonald, M. A. (2001). APOS : a Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education. Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Herawaty, D. (2017). PeningkatanKompetensiSiswa SMP di Kota Bengkulu MelaluiPenerapan Model PembelajaranMatematika (MPM-SMP).JurnalPendidikanMatematikaRaflesia.

Hindatulatifah. (2018). Ranah-Ranah Pembelajaran Dan implikasinya dalam Pendidikan Agamaislam.

Lexy Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remadja Rosdakarya.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., Zamzaili, & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 8(10).

Rosa, M. & Orey, D. (2016). Etnomodeling as a Pedagogical Tool for the Ethnomathematics Program Revista Latino americana de Etnomatemática, 3(2). 14- 23.

Siswono, T. Y. E. dan Latiningsih, N. (2007). Matematika 2 SMP dan MTs untuk Kelas VIII. Erlangga: Jakarta.

Widada, W. (2015).Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 22, No. 1, Maret 2015: 31–44. https://s2pendmtkunib.files.wordpress.com/2017/01/artikel-jurnal-nasional-litdik-unesa-wahyu-widada_edit-31-44.pdf. (diakses 06 Maret 2018).

Widada, W. (2016). Profile Of Cognitive Structure Of Students In Understanding The Concept Of Real Analysis. Journal of Mathematics Education (Infinity), 5(2), 83–98. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.215.

Widada, W., Herawaty, D., Yanti, D., & Izzawati, D. (2018). The Student Mathematical Communication Ability in Learning Etnomathematics Orieted Realistic Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR),7(9),881–884. ttps://doi.org/10.21275/ART20191277

Widada, W., & Herawaty, D. (2018). LEVEL PERKEMBANGAN SKEMA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MEMAHAMI KEKONVERGENAN BARISAN. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 279–292.

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019a). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1179 (2019) 012056, ICCOMSET. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019b). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics during Etno- Mathematics Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Atlantis Press, 253(Aes 2018), 417–421.

Published

2019-12-02

How to Cite

Herdian, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Level Berpikir Siswa dalam Memahami Konsep dan Prinsip Bangun Ruang dengan Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Beradasarkan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9759