Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9761

Keywords:

Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Pemaham Konsep Matematika, Etnomatematika Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahan konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu ((quasi exsperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA N 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 239 siswa dan SMA Pancasila Kota Bengkulu yang berjumlah 47 siswa.  Dalam penelitian ini dipilih 6 kelas sampel yang terdiri dari 4 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberi materi pembelajaran berbasis etnomatematika dan yang tidak berbasis etnomatematika setelah mengontrol kemampuan awal, (2) Terdapat pengaruh linier kovariat kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, (3) Terdapat pengaruh interaksi antara faktor model pembelajaran dan orientasi materi matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika setelah mengontrol kemampuan awal siswa, (4) Kemampuan awal siswa, model pembelajaran dan orientasi materi matematika secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik, dan (5) Rerata-rata kemampuan pemahaman konsep matematikaa siswa yang diberi materi berbasis etnomatematika lebih tinggi daripada siswa yang diberi materi tidak berbasis etnomatematika setelah mengontrol kemampuan awal.

References

Bengkulu Ekspress. (2018). Nilai Rata–Rata UN Provinsi Bengkulu Mengalami kenaikan. Diakses darii https://bengkuluekspress.com/nilai-rata-rata-un-provinsi-bengkulu- mengalami-kenaikan/

D’Ambrosio, Ubiratan. (2001) Ethnomathematics. Link Between Traditions and Modernity. Rotterdam: Sense Publisher.

Freudenthal, H. (1991). Revisiting mathematics education. Dordrecht:Kluwer Academic Publishers.

Gravemeijer, Koeno. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Technipress.

Herawaty, D., Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2019). Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012080), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012080

Herawaty, D. (2003). Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Persamaan Linier Dua Variabel di SLTPN 21 Surabaya. Tesis: UNESA.

Herawaty, D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol.3, No.1.

Herawaty, D, et. al. (2018). Student’ Metacognition on Mathematical Problem Solving Through Ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Artikel dimuat dalam Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2.

Kemdikbut. (2018). Rekapan Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah. Diakses dari https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/.

Lestari, Laras, & Surya, Edy. (2017). ”The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Student?s Mathematical Concept Understanding”. Artikel dimuat dalam International Journal Of Science: Basic and Apllied Research, Vol. 34, No. 1.

Lestari, K. E, & Yudhanegara, M.R.Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teacher Mathematics.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjar Masin : Aswaja Perasindo.

Rahayu, et. al. (2018). Analisis Kemempuan Pemahaman Matematik Siswa Mts di Kabupaten Bandung Barat. Artikel dimuat dalam Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), Vol. 4 No.1

Rosalin, Elin. (2008). Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Subijanto. (2015). Kebijakan Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan. Artikel di muat dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21, No. 2.

Wahyudi, T, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Budaya Lampung. Artikel di muat dalam Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 3, No. 1.

Widada, W, & Herawaty, D. (2017). Realistic Mathematics Learning Based on Bengkulu Ethnomathematics to Increase Cognitive Level. Artikel dimuat dalam proceeding Bengkulu International Conference on Science and Education, December 14th 15th.

Widada, W, et. al. (2017). “Abstract Level Characteristics in SOLO Taxonomy during Ethnomathematics Learning”. Artikel dimuat dalam International Journal of Science and Research (IJSR), Vol. 7.

Widada, W., Agustina, A., Serlis, S., Dinata, B. M., & Hasari, S. T. (2019). The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012082), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012082

Widada, W., Herawaty, D., Agriyanto, S., Octizasari, G., & Meri, S. G. (2019). The improvement of trigonometry ability through connected mathematics learning models and scientific approaches The improvement of trigonometry ability through connected mathematics learning models and scientific approaches. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012078), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012078

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Published

2019-12-02

How to Cite

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9761