Proses Kognitif Siswa dalam Memahami Matematika Berdasarkan Teori Perkembangan Skema Extended Level Triad++ Selama Pembelajaran Berorientasi Etnomatematika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9763

Keywords:

Proses Kognitif, Extended Level Triad , Etnomatematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses kognitif siswa SMAN 3 Bengkulu Tengah dalam memahami matematika pada pokok bahasan persamaan linier tiga variabel berdasarkan teori perkembangan skema Extended Level Triad++ dengan pendekatan pembelajaran  Etnomatematika Bengkulu. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 33 orang siswa kelas XA4 SMAN 3 Bengkulu Tengah. Hasil penelitian proses berpikir siswa di tinjau dari Extended Level Triad++ selama pembelajaran berbasis etnomatematika terbagi menjadi tujuh level berpikir yaitu Level pra-intra, Level intra, Level semi-inter, Level inter, Level semi-trans, Level strans, dan Level extenden trans. Pada penelitian ini, level berpikir siswa SMAN 3 Bengkulu Tengah hanya terpenuhi lima level yaitu : Level pra-intra dengan jumlah siswa 9 orang dan presentasenya adalah 28,12%, Level intra dengan jumlah siswa 9 orang dan presentasenya adalah 28,12%, Level semi-inter dengan jumlah siswa 6 orang dan presentasenya adalah 18,75%, Level inter dengan jumlah siswa 5 orang dan presentasenya adalah 15,62%, dan Level semi-trans dengan jumlah siswa 3 orang dan presentasenya adalah 9,37%.

 

References

Dubinsky. Ed. & McDonal. 2001. APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research.(Online), http://trident.msc.kent.edu/~edd/ICMIPaper.pdf). diakses 20 November 2016)

Herawaty D, Widada W, Novita T, Waroka L, Lubis ANMT. Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong , Indonesia Students ’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong , Indonesia. J Phys Conf Ser. 2018;1088(1):1-7.

Junizon, M., Widada, W., & Nirwana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Konjektur Pada Analisis Real Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 162. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/4257

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Bandung : Kencana.

Widada , Wahyu. 2011. Model Pembelajaran Berbasis Extended Level Triad++. Bengkulu; FKIPUNIB

Widada, Wahyu (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol 1 No. 2

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 163–172.

Widada, Wahyu. (2016). Profile Of Cognitive Structure Of Students In Understanding The Concept Of Real Analysis. Journal of Mathematics Education (Infinity), 5(2), 83–98. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.215

Widada, Wahyu, Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics during Etno- Mathematics Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(Aes 2018), 417–421.

Published

2019-12-02

How to Cite

Aliza, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Proses Kognitif Siswa dalam Memahami Matematika Berdasarkan Teori Perkembangan Skema Extended Level Triad++ Selama Pembelajaran Berorientasi Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 145–152. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9763