Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Santifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial

Authors

  • Desi Okta Marika Saleh Haji Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu
  • Dewi Herawaty Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu https://orcid.org/0000-0002-8132-2102

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9777

Keywords:

Bahan Ajar, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Kemampuan Spasial Geometri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar matematika dengan pendekatan saintifik menggunakan softwere geogebra yang valid, praktis dan efektif yang dapat meningkatkan kemampuan spasial geometri siswa . Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four- D Model). Populasi penelitian ini seluruh siswa SMK Rejang lebong , sedangkan sampelnya yaitu SMKN 2 Rejang Lebong dan SMK Negeri 6 Reang Lebong kelas XII semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Materi bahan ajar yang dikembangkan adalah Dimensi Tiga. Data dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan bahan ajar (LKPD), angket respons siswa, angket respons guru, lembar observasi aktivitas belajar serta tes kemampuan spasial geometri. Sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas, homogenitas dan linearitas baru dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penilaian ahli / validator perolehan rata rata skor 3,3 dan rata-rata skor total 3,68 (kategori valid). Kepraktisan bahan ajar terlihat dari respon siswa dengan kategori positif. Hasil keefektifan bahan ajar berdasarkan aktivitas siswa dalam kategori tinggi dengan nilai tes kemampuan spasial 86,11 % (katagori efektif). Bahan ajar yang telah valid, praktis dan efektif digunakan dikelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan dan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran pendekatan saintifik menggunakan Softwere Geogebra dengan pembelajaran konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa.

References

Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 jilid 1 ,Erlangga Jakarta.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta.

Hamzah, S. (2011). Geogebra in 10 Lesson. Tutorial Geogebra. http://syaifulhamzah files.wordpress.com/2011/12/tutorial diakses pada tanggal 11 Maret 2019 pukul 20.15wib

Hohenwarter, M et al.(2008). Teaching And learning Calculus WithFree Dynamic Methematics Softwere GeoGebra. Tersedia di http://www.publication.uni.lu/record/2718/files/ICME-TSG16.pdf [20 Maret 2019]

Kemdikbud. (2012). Pengembangan Kurikulum 2013. - : Jakarta. Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Proses,

Linn, M., & Petersen, A. (1985). Emergence and characterization of sex differences in spatial ability: a meta-analysis. Child Development, 56(6), 1479-1498. doi:10.2307/1130467

Maier, H. (1994). Spatial Geometry And Spatial Ability– How To Make Solid Geometry Solid.

Mohamad S, Sumantri.( 2015). Strategi Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada

Nasution.(2012).Metode Risearch( Penelitian Ilmiah).Jakarta Bumi Aksara

NCTM. (2000). Curriculum and evalution standards for schoool mathematic; Reston, VA: NCTM

Prastowo.( 2011). Panduan kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta.Diva Press

Rahman, B.(2012). Pembelajaran geometri dengan Wingeom untuk meningkatkan kemampuan spasial dan penalaran matematis siswa. Tesis. Sekolah PascaSarjana UPI.

Reksoadmodjo T.N. (2010).Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: Refika Aditama

Sugiono. 2010. Metode penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umam, K., Nugroho, Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Widada, W., Agustina, A., Serlis, S., Dinata, B. M., & Hasari, S. T. (2019). The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012082), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012082

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Published

2019-12-02

How to Cite

Saleh Haji, D. O. M., & Herawaty, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Santifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9777