Identifikasi Etnomatematika Alat Musik Tradisional Bengkulu Sebagai Media dan Alat Peraga Dalam Penyampaian Konsep Lingkaran

Authors

  • Yetti Widiarti SMP N 11 Kota Bengkulu
  • Dessy Anggreni SMP N 16 Kota Bengkulu
  • Susanti Afriani Sari SD N 86 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9817

Keywords:

Ethnomatematika, Alat Musik Tradisional Bengkulu, Media dan Alat, Lingkaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi etnomatematika “alat musik tradisional Bengkulu” yang dapat dijadikan media dan alat peraga dalam penyampaian konsep lingkaran pada siswa Kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode etnografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagian – bagian atau bentuk dari alat musik tradisional Bengkulu memiliki ethnomatematika yang berkaitan dengan konsep lingkaran yang dapat dijadikan sebagai media dan alat peraga dalam penyampaian konsep lingkaran.

 

References

Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012089

Kemendikbud. 2017. Matematika Kelas VIII (Buku Siswa). Jakarta : Kemendikbud.

Nasir. A, dkk. 2018. Identifikasi Etnomatematika Alat musik tradisional Bengkulu Sebagai Media Dan Alat Peraga Penyampaian Konsep Kekongruenan Dan Kesebangunan. https://www.google.com/search?safe=strict&rlz=1C1GCEA_enID864ID864&sxsrf=ACYBGNTnunzNNs3wsf6wZzQ2JDaDPVJD9g%3A1573828812111&ei=zLjOXfKzBsrorQGCvZaoBw&q=https%3A%2F%2Fjurnal.univpgripalembang.ac.id%2Findex.php%2Fdidaktika%2Farticle%2Fdownload%2F2103%2F1998&oq=https%3A%2F%2Fjurnal.univpgripalembang.ac.id%2Findex.php%2Fdidaktika%2Farticle%2Fdownload%2F2103%2F1998&gs_l=psy-ab.3...769826.771017..772213...1.0..0.194.388.0j2......0....1j2..gws-wiz.....10..0j0i131j35i362i39.esDb6tyYJlg&ved=0ahUKEwjyyaGauezlAhVKdCsKHYKeBXUQ4dUDCAo&uact=5. Diunduh pada hari Jumat, 15 Nov 2019 pukul 22.00.

Tata caca. 2018. 8 Alat Musik Tradisional Bengkulu, Penjelasan dan Cara Memainkannya. https://www.silontong.com/2018/05/07/alat-musik-tradisional-bengkulu-penjelasan-dan-cara-memainkannya/. Diunduh pada hari rabu, 30 Oktober 2019. Jam 11.00

Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widada, W, Herawaty, D., Jumri, R., Zulfadli, Z., & Damara, B. E. P. (2019). The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012085), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012085

Widada, Wahyu, Herawaty, D., Ma’rifah, N., & Yunita, D. (2019). Characteristics of Students Thinking in Understanding Geometry in Learning Ethnomathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3496–3503.

Widada, Wahyu, Sunardi, H., Herawaty, D., Pd, B. E., & Syefriani, D. (2018). Abstract Level Characteristics in SOLO Taxonomy during Ethnomathematics Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(8), 352–355. https://doi.org/10.21275/ART2019438

Published

2019-12-04

How to Cite

Widiarti, Y., Anggreni, D., & Sari, S. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Alat Musik Tradisional Bengkulu Sebagai Media dan Alat Peraga Dalam Penyampaian Konsep Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 177–184. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9817