Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Teknik Probing pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Nadya Sospolita Program Magister Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu
  • Siti Aisyah Program Magister Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu
  • Wahyu Widada Program Magister Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu https://orcid.org/0000-0001-8266-6540

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9818

Keywords:

Creative Problem Solving, Probing, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika dan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Permasalahan penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuklinggau setelah diterapkan model Creative Problem Solving dengan teknik Probing secara signifikan tuntas? Bagaimana aktivitas siswa selama proses penelitian dengan model  Creative Problem Solving dengan teknik Probing? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving dengan teknik Probing, serta untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan berbentuk Pre Experimental Design.  Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuklinggau tahun pelajaran 2018/2019 dan sampelnya adalah siswa kelas VII.12 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan ? = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuklinggau setelah diterapkan model Creative Problem Solving dengan teknik Probing secara signifikan tuntas. Rata-rata nilai tes akhir sebesar 83,0 dan persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 75,9%. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan pembelajaran.

References

Amaliyah. 2016. Penerapan Teknik Probing Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Saintifik, 2(1), 26-36.

Farida. 2015. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 5(2), 1–31.

Herawaty, D. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 25–61.

Indra, dkk. 2015. Efektivitas Team Assisted Individualization Untuk Mengarungi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Edukasi,1(2), 175-189.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Sudewa, dkk. 2014. Implementasi Model Creative Problem Solving Dengan Menggunakan Media Flash CD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Semester 1 SD Negeri 6 Sukowati. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10.

Sumartono dan Yustari. 2014. Penerapan Model Creative Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 11-20.

Wahyuni. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Edukasi 1(2), 59-69.

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 163–172.

Widada, W, Herawaty, D., Mundana, P., Agustina, Putri, F. R., & Anggoro, A. F. D. (2019). The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012081), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012081

Widada, Wahyu. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 146–154.

Published

2019-12-08

How to Cite

Sospolita, N., Aisyah, S., & Widada, W. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Teknik Probing pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 194–201. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9818