Main Article Content

Abstract

Perubahan paradigma pembelajaran mengarah ke student centered dan peserta didik perlu dibekali keterampilan berpikir kritis. Hasil observasi peneliti yang dilakukan saat kegiatan magang 2 pada bulan September sampai bulan November tahun 2019, menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang mengarah pada pengembangan keterampilan berpikir kritis kurang diterapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari perangkat pembelajaran yang masih banyak bersumber dari buku pelajaran dan internet yang belum relevan dengan lingkungan kehidupan sehari-hari peserta didik. Demikian juga dengan komponen-komponen perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD), dan soal evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan menganalisis rancangan RPP meliputi telaah kompetensi dasar, telaah materi pembelajaran, telaah indikator, tujuan pembelajaran, telaah model pembelajaran, metode pembelajaran, dan telaah media pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) metode gallery walk pada materi pencemaran lingkungan kelas X. Hasil penelitian dianalisis dan diarahkan ke dalam aspek-aspek yang ingin dicapai dalam Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X.

Keywords: Keterampilan berpikir kritis, Kurikulum 2013, Rancangan Perangkat Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Faritzah, C. P., Karyadi, B., Yennita, Y., Yani, A. P., & Murniati, N. (2022). Rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 7–16. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.7-16

References

  1. Abduh, M, Nugroho, & Iskandar. (2014). Evaluasi pembelajaran tematik dilihat dari hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. 1(1), 1-9.
  2. Djamarah., & Syaiful, B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
  3. Ennis, R. H. (1987). An Elaboration of a cardinal goal of science instruction, Educational Philosophy, and Theory, 23(1).
  4. Forgarty, R. (1991). The mindfull schools: How to integrate the curricula. Palatine Illinois: IRI/ Skylight Publishing. Inc
  5. Friedman, Howard S. & Miriam W. S. (2006). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  6. Isjoni. (2012). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Khusna, A., Sulianto, J., & Widyaningrum, A. (2017). Penerapan model pembelajaran think talk write (ttw) berbantu media cd interaktif pada mata pelajaran ipa terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 136-148.
  8. Majid, A. (2014). Stratergi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
  9. Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematic project (mmp). Jurnal Formatif. 5(1), 14-25.
  10. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  11. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2), 333-352.
  12. Rusman. (2013). Metode- metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  13. Setiawan, D. F. (2018). Menerapkan revision bloom’s taxonomy pada tujuan pembelajaran umum ranah kognitif kajian persamaan dasar akuntasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 3(2), 42-49.
  14. Sogandi., Iriani, R., Irhasyuarna, Y. (2019). Penggunaan lks dalam strategi pembelajaran ttw (think talk write) terhadap hasil belajar siswapadamateri reaksi redoks. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(2), 83-103.
  15. Widarti, S., Peniati, E., Widiyaningrum, P. (2013). Pembelajaran gallery walk berpendekatan contextual teaching learning materi sistem pencernaan di sma. Jurnal Biology Education. 2(1), 10-18.
  16. Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 1(2), 13-20.