Main Article Content

Abstract

Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Observasi terhadap proses pembelajaran memperlihatkan mahasiswa tidak memiliki peluang untuk berpikir kreatif. Hal ini mempengaruhi hasil belajar dan minat belajar menjadi kurang maksimal. Pembaharuan metode yang lebih sesuai dan berpusat pada mahasiswa sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Course Review Horay (CRH) (CRH) mampu meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Biologi Umum Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 di Program Studi Pendidikan Kimia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 40 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x50 menit. Tindakan pra siklus menerapkan metode ceramah berbantu media, siklus I dan siklus II dengan penerapan metode Course Review Horay (CRH). Peningkatan hasil belajar mahasiswa terlihat pada Siklus I dan Siklus II. Siklus I hasil belajar memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 65% dan siklus II sebesar 87,5%. Hasil presentase minat belajar mahasiswa siklus I sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Kata Kunci : Course Review Horay (CRH), Minat Belajar, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Yennita, Y., & Putri, R. Z. E. (2021). PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI UMUM. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 128–139. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.128-139

References

  1. Anggraini, N., Ansori, I., & Putri, R.Z.K. (2017). Penerapan Metode Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu. Jurnal Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 10(2), 199-209. doi: 10.20414/jb.v10i2.28
  2. Dewi, Erlina., dan Ratnasari. (2013). Penggunaan Strategi Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Etos Kerja Siswa SMA Kelas XI dalam Pembelajaran Matematika (PTK di Kelas XI Semester II SMA N Kebakkramat Tahun Ajaran 2012/2013). (Skripsi thesis) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.
  3. Fatmawati, Deni. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Fiqih Melalui Metode Pembelajaran CCourse Review Horay (CRH) (CRH) dengan Index Card Macth (ICM) Siswa Kelas VIII D MTS N Ngemplak. (Skripsi Tidak dipublikasikan), UIN Yogyakarta, Indonesia
  4. Hanafiah dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.
  5. Indra, I. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Pai Siswa Smp Negeri 2 Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ( Ftk ) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam–Banda Aceh: Skripsi Online.
  6. Kusumarini, E. (2012). Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH). [Online]. Tersedia:http://www.model-pembelajaran-course-review-horay.html
  7. Lapatta, J., Nuryanti, S., dan Kendek, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Course Review Horey pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Sintuwu. Jurnal Kreatif Tadulako. 5 (8), 196-197.
  8. Pratiwi, L. (2011). Penerapan Model CCourse Review Horay (CRH) (CRH) Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Merjosari 1 Malang: Skripsi Online.
  9. Rini., Prihatin, J., & Pujiastuti. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbasis pendekatan problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi. Jurnal Bioedukasi, 15(1), 43-53.
  10. Rosna, Andi. (2011). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil
  11. Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako: 4(6), 235-246.
  12. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  13. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  14. Sulistiyanti, Vicalia. (2012). Pengaruh model pembelajaran CCourse Review Horay (CRH) (CRH) terhadap pencapaian kompetensi bekerja secara tim mata pelajaran pelayanan prima di smk n 2 godean. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta (Skripsi)
  15. Suprijono, Agus. (2009). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  16. Suryabrata. (1997). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  17. Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia.
  18. Wardani. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka .
  19. Wiriaatmadja, Rochiati. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya.