Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan kesulitan  yang dihadapi guru biologi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran jarak jauh pada  jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 guru biologi jenjang SMA. Data penelitian dengan teknik wawancara dan kuesioner terbuka. Kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi metode antara wawancara dan kuesioner terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan subjek penelitian dalam merencanakan pembelajaran jarak jauh antara lain: keterbatasan alokasi waktu, kesulitan dalam mempersiapkan media pembelajaran yang efektif; kendala jaringan internet saat mempersiapkan pembelajaran. Dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh subjek penelitian mengalami kesulitan dalam memantau dan mengontrol aktivitas siswa selama pembelajaran, membangun komunikasi dengan siswa yang pasif saat pembelajaran. Sedangkan kesulitan pada tahap evaluasi adalah kesulitan dalam penilaian sikap, terutama kejujuran dan penilaian keterampilan yang tidak ideal.

Article Details

How to Cite
Patekur, P., & Fadiana, M. (2021). Kesulitan Guru Biologi Dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Di SMAN 1 Paciran. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 157–168. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.157-168

References

  1. Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18.
  2. Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
  3. Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.86.
  4. Budiaman, B. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Sejarah Lontar, 7(2), 50. https://doi.org/10.21009/lontar.072.05
  5. Dolong, J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 65–76.
  6. Gulo, W. (2002). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  7. Handoyo. (2020). Wabah Virus Corona Ancam Pendidikan 300 Juta Siswa. 6 Maret 2020. https://internasional.kontan.co.id/news/unesco-wabah-virus-corona-ancam-pendidikan-300-juta-siswa.
  8. Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(September), 53–56. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61.
  9. Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.
  10. Karmala, F. S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru PL dalam Pembelajaran Daring di SMP N 1 Kecamatan Gunuang Omeh. 5, 73–78.
  11. Kemendikbud. (2018). Pemerintah Terus Upayakan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat di Bidang Pendidikan. 10 November 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/11/ pemerintah-terus-upayakan-pemenuhan-kebutuhan-dasar-masyarakat-di-bidang-pendidikan.
  12. Kemendikbud, Kemenag, & SatgasCovid. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.
  13. Jayanti, L.D. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/ 2203.
  14. Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 634.
  15. Mendikbud. (2020). Surat edaran Mendikbud: Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease (COVID-19). (4 Tahun 2020).
  16. Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., Negeri, U. I., & Semarang, W. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.
  17. Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, https://doi.org/10. 30651/didaktis.v20i2.4763.
  18. Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
  19. Putri, S. D. W. I., & Citra, D. E. K. A. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. 1.
  20. Raco, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj.
  21. Radarcirebon. (2020). 60 Persen Guru Kesulitan PJJ. https://www.radarcirebon.com/2020/10/24 /60-persen-guru-kesulitan-pjj/.
  22. Ramdhayani, E., Noviati, W., Syafruddin, Deniati, L., & Kurniati, E. (2020). Analisis Penilaian Sikap Siswa Biologi Selama Pembelajaran Daring Pada Era Tatanan Baru. Jurnal Pendidikan, 10(Alifah 2019), 2017–2020. http://repository.lppm.unila.ac.id/25678/.
  23. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
  24. Sae, D. B., & Sihotang, H. (2020). Analisis Hambatan Guru MIPA dalam
  25. Pembelajaran Daring di SMAS KR. Rantepaodi Masa Pandemi Covid 19. 1(1), 1–12.
  26. Santosa, T. A., & Marina, E. (2020). Analisis Masalah Pendidikan Biologi Pada Sekolah Menengah
  27. Pertama Di Era Pandemi Covid -19. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 273–278.
  28. Sari, N. (2020). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring masa Pandemik Covid-19 di MIN 3 Medan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 44–57. https:// doi.org/10.51178/jetl.v2i3.67.
  29. Satgas-Covid-19. (2021). Peta Persebaran Covid-19. 23 Januari 2021. https://covid19.go.id/peta-sebaran.
  30. Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu
  31. Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. Dasar Metodologi Penelitian, 1–109.
  32. Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Komunikasi Verbal Media Visual Daya ingat (%) 3 Jam. 2(1).
  33. Tesniyadi. (2018). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Samudera Biru.
  34. Utama, G. S. (2020). Pentingnya Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran. Pena Rumah Belajar. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2020/10/pentingnya-memilih-media-yang-tepat dalam- pembelajaran/.
  35. WHO. (2020). COVID-19 Weekly Epidemiological Update. World Health Organization, November, 1;4. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20 201012-weekly-epi-update-9.pdf.