Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Google Meet terhadap motivasi siswa MTsN 1 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian berupa Non-Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Quasi eksperimental design mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas One-Sample Kolmogorov-Smirnov, yang selanjutnya diuji homogenitasnya menggunakan Levene Statistic, setelah diketahui data berdistribusi normal dan homogen, dilakukan uji analisis datanya menggunakan uji T. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditemukan beberapa permasalahan, di antaranya keterbatasan fasilitas dan jaringan internet pada siswa yang berada di desa pedalaman.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar pada kelas eksperimen adalah 74,97, sedangkan pada kelas kontrol adalah 69,74. Adapun nilai p-value yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Dapat ditarik sebuah kesimpulan  bahwa penggunaan media pembelajaran Google Meet secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi siswa dari pada pembelajaran menggunakan media pembelajaran Whatsapp.

KeywordsGoogle Meet, Motivasi Belajar

Article Details

How to Cite
Pratama, M. A., & Pitriani, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Meet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.191-197

References

  1. Aisyah, S., & Sari, D. I. (2021). Efektifitas Penggunaan Platform Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). 4 (1). https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2313.
  2. Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  3. Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781-790.
  4. Febrita, Yolanda., & Ulfah, Maria. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 5. ISSN 2581-0812. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571.
  5. Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133-141.
  6. Hasanah, M. H., Wulandari, A. A., & Rusidah, N. (2021). Google Meet dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS-3 SMAN 2 tawangsari. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 1-9. https://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1828.
  7. Huda, A. N., Siwi, D. A., & Rahayu, C. P. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Google Meet pada Siswa Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 9-16.
  8. Pratama, M. A., & Irwandi. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran PjBL Melalui Google Form Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 186. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/2505.
  9. Muniroh, S. H., Rojanah, S., & Raharjo, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google Meet Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. EDISI, 2(2), 410-419.
  10. Niswara, R., Fita, M., & Untari, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap High Order Thingking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 86. https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JJPGSD/article/view/17493.
  11. Putri, G. K., & Dewi, S.A.Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom Efect of Google Classroom-Based Distance Learning Model. Al-Fikrah, 2(1), 60-79. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17493.
  12. Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 17-34.
  13. Tuan, H. L., Chin, C. C., & Shieh, S. H. (2005). The development of a questionnaire to measure students' motivation towards science learning. International journal of science education, 27(6), 639-654.
  14. UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
  15. Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran
  16. Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Ciparay I Tahun Ajaran 2020/2021. Seminar Nasional Pendidikan , FKIP UNMA. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/325.
  17. Yunarti, Y. (2017). Pendidikan ke Arah Pembentukan Karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262-278.