Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode inkuiri terbimbing ditinjau dari keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di SMP. Metode yang digunakan adalah metode inkuiri terbimbing dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Maumere. Sampelnya adalah siswa kelas VII-A terdiri dari 26 siswa untuk kelas eksperimen, dan siswa kelas VII-B terdiri dari 25 siswa untuk kelas kontrol. Variabel yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t pada keterampilan proses sains, diperoleh hasil yaitu 0,003 < 0,05 dan uji-t pada hasil belajar kognitif diperoleh hasil yaitu 0,009 <0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan metode inkuiri terbimbing terhadap  keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Maumere.

Keywords: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar

Keywords

Inkuiri Terbimbing Keterampilan Proses Sains Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
S, M. (2021). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 140–146. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.140-146

References

  1. Ambarsari, W. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 81-95.
  2. Ameliah, I. H., Munawaroh, M., & Muchyidin, A. (2016). Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon. EduMa, 5(1), 9-21.
  3. Dewi., Lestari, N., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha, 3(1), 31-47.
  4. Ergul, R., & Simsekli, S. (2011). The Effects of Inquiry-Based Science Teaching on Elementary School Students Science Process Skills and Science Attitudes. Bulgarian Jurnal of Science and Education Policy (BJSEP), 5(1), 48-68.
  5. Hermawan. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
  6. Jumarni, N., Jalmo, T., & Yolida, B. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Boiterdidik, 2(1), 1-3.
  7. Kemendikbud. (2013). .Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu.
  8. Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press.
  9. Lailatur, R. (2009). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Hidrokarbon dan Respon Siswa Kelas X MAN 3 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Universitas Malang, Indonesia.
  10. Mansur, S., & Loli, M. P. P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dengan Model Guided Note Taking di SMP San Carlos Habi. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 10(1), 21-28. doi: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i1.3990.
  11. Mansur, S., Raida, S. A., & Putra, S. H. J. (2021). Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invertebrata. Journal of Biology Education, 4(1), 72-79. doi: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.9796.
  12. Ozgelen, S. (2012). Students’ Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Education, 8(4). doi: https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.846a.
  13. Rosa, F. O. (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Pada materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Metro.
  14. Rustaman, N. Y. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UPI Press.
  15. Sati, S., S, M., & Galis, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem di SMP San Carlos Habi. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(1), 27-32.
  16. Setiawan, Adib, R., & Koimah, S. (2019). Effective Learning and Teaching. Thesis Commons. doi: https://dx.doi.org/10.31237/osf.io/p42nx.
  17. Sribekti, Y., Ibrrohim., & Hidayat. A. (2000). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Menggunakan Perangkat Pembelajaran Ekosistem Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Sumber Belajar Waduk Lahor. Jurnal Pendidikan, 1(8), 1575-1580. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6671.
  18. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  19. Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA. Retrieved from http://hdl.handle.net/2123/7128.