Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berdasarkan jenis-jenis bambu di Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan metode R&D. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, jenis bambu di Desa Harapan Makmur yang terdiri atas 4 marga bambu dengan 5 jenis bambu yaitu , Bambusa vulgaris var.striata, Bambusa multiplex, Gigantochloa robusta, Schizostachyum lima, dan Dendrocalamus asper. Hasil pengembangan LKS berdasarkan studi identifikasi jenis bambu Desa Harapan Makmur dapat digunakan untuk melatih keterampilan proses dalam proses pembelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 1 Pondok Kubang Bengkulu Tengah pada materi klasifikasi tumbuhan berdasarkan ciri morfologi dan kunci determinasinya dengan rerata nilai keterampilan 3,82 berkategori sangat baik dan tuntas.

Kata kunci: Bambu, Pengembangan LKS, Keterampilan Proses

Article Details

How to Cite
Rosalia, R., Yani, A. P., & Kasrina, K. (2017). PENGEMBANGAN LKS BERDASARKAN HASIL STUDI IDENTIFIKASI JENIS BAMBU DI DESA HARAPAN MAKMUR. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 91–99. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.91-99

References

  1. Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.Jakarta: Rineka cipta
  2. Arinasa, Ida Bagus Ketut. 2004. Keanekaragaman dan Penggunaan Jenis-jenis Bambu di Desa Tigawasa, Bali. Bali : UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya “Eka Karya” Bali-LIPI.
  3. Kemdikbud. 2014. Buku Guru IPA Edisi Revisi Kurikulum 2013 SMP kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
  4. Mudjiono dan Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
  6. Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.
  7. Solikin.2003. Jenis-Jenis tumbuhan suku Poaceae Di Kebun Raya Purwodadi. Bogor: LIPI
  8. Widjaja ,E. A. 2001a. Identikit Jenis-Jenis Bambu di Jawa. Bogor: Puslitbang Biologi-LIPI
  9. Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA. (Diakses tanggal 16 februari 2017).