Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe make a match menggunakan media kartu QA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian direncanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIB MTs Ja-alHaq Kota Bengkulu. Variabel dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe make a match, kartu QA, aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi serta lembar tes. Hasil analisis data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,78 (Cukup), dan siklus II menjadi 3 (Baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 2,42 (Cukup), dan siklus II menjadi 3 (Baik). Ketuntasan hasil belajar klasikal siswa pada siklus I yaitu  65,51%, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media kartu QA (Question answer) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa IPA Kelas VIIB MTs Ja-alHaq Kota Bengkulu.

Kata kunci : Kooperatif Tipe Make a Match, kartu QA, Aktivitas Guru dan Siswa, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Nurohma, S., Karyadi, B., & Irawati, S. (2018). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN MEDIA KARTU QA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.1-4

References

  1. Arikunto, Suharsimi 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  2. Febriana, Ayu 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pda Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Skripsi (Diakses 15 Februari 2017).
  3. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta:Rajawali Press
  4. Shoimin, Aris. 2014. 68 Mode-Model Pembelajaran Inovatif dal;am Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR Ruzz Media.
  5. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional.