Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat buku saku tumbuhan paku berdasarkan hasil identifikasi keanekaragaman jenis tumbuhan paku di sekitar Danau Dendam Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Revisi desain, (6) Uji keterbacaan, dan (7) Revisi produk. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil identifikasi diperoleh 8 spesies tumbuhan paku yang tergabung dalam tujuh genus, empat famili dan tiga ordo. Hasil keragaman tumbuhan paku yang diperoleh kemudian dijadikan bahan ajar berupa buku saku tumbuhan paku. Validasi uji kelayakan buku saku dilakukan oleh tiga dosen dan 1 orang guru Biologi. Hasil validasi menunjukkan buku saku termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan keseluruhan sebesar 88.25%. Hasil respon dari 20 siswa terhadap  buku saku termasuk dalam “Sangat Baik” dengan persentase keidealan keseluruhan yaitu 91.37%.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Tumbuhan Paku, Buku Saku

Article Details

How to Cite
Slavia, H., Kasrina, K., & Ansori, I. (2018). PENGEMBANGAN BUKU SAKU TUMBUHAN PAKU BERDASARKAN IDENTIFIKASI PTERIDOPHYTA DI SEKITAR DANAU DENDAM KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.21-26

References

  1. BKSDA. 2011. Danau Dendam Tak Sudah Kota Bengkulu. (http://bksdabengkulu.org/konservasi-kawasan/ca-gar-alam/danaudendam/ Diakses 26 Januari 2017.
  2. BSNP. 2014. Pedoman Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Kinho, Julianus. 2009. Mengenal Beberapa Jenis Tumbuhan Paku Di Kawasan Hutan Payahe Taman Nasional Aketajawe Lolobata Maluku Utara. Penerbit Balai Penelitian Kehutanan Manado.
  4. Permendikbud, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
  5. Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prawamedia Grup
  6. Soesilo, dkk, 1986. Buku Materi Pokok BIOLOGI. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Terbuka.
  7. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  8. Sumanto, 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Jakarta: PT. BUKU SERU
  9. Tim Pengembang MKDP. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
  10. Tjitrosoepomo, Gembong. 1986. Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: UGM press
  11. Yamasari, Yuni. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yanag Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. ISBN No. 979-5445-0270-1
  12. Yuliani, Fahtria. 2015. Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global Untuk SMP. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.