Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan inventarisasi ikan laut di provinsi Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA2 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (dua orang Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan guru Biologi SMA kelas X), dan lembar keterbacaan untuk peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun memperoleh nilai aspek materi 89% dan aspek kebahasaan 91% (kategori sangat layak) oleh para validator. Desain LKPD ini juga dikatakan layak (nilai 96%) dalam uji keterbacaan oleh 27 orang peserta didik di SMAN 09 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa desain LKPD yang disusun layak digunakan sebagai bahan ajar materi vertebrata kelas X tingkat SMA.

Kata Kunci: Pengembangan LKPD, inventarisasi, ikan laut.

Article Details

How to Cite
Fajri, A., Rahman, A., & Yani, A. P. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI VERTEBRATA KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI IKAN LAUT. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 52–57. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.52-57

References

  1. Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  2. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Aswin, Pani. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berdasarkan Eksplorasi Kantong Semar (Nephentes sp) Di Kecamatan Muara Bangkahulu Dan Implementasinya Pada Materi Keragaman Hayati SMA Kelas X. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  4. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
  5. Katriani. L. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  6. Ksmtour. 2016. Pantai Panjang Keajaiban Alam Bengkulu. (https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bengkulu/pantai-panjang-keajaiban-alam-bengkulu.htm) (diakses 17 November 2017).
  7. Mulyati, R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Search, Solve, Create And Share (Sscs) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Arthropoda. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
  8. Nurdin, S. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
  9. Kemendikbud. 2014. Permendikbud no 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud RI.
  10. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva Press.
  11. Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  12. Widoyoko, E. P. 2016. Evaluasi Program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.