Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis android bambu expert system pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 08 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di SMAN 08 Kota Bengkulu, yaitu pada kelas X MIA 3 (kelas kontrol) dan X MIA 4 (kelas eksperimen). Keanekaragaman hayati merupakan salah satu kompetensi dasar kelompok pengetahuan di kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen quasi (eksperimen semu) dengan desain penelitian pretets-posttes control group design. Instrumen yang digunakan merupakan tes objektif pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t, pada taraf signifikansi 5% (?= 0,05) dan db = 28 didapat ttabel(2,048) dan thitung (2,259), terbukti bahwa hipotesis alternatif (H1) yang diajukan diterima karena thitung > ttabel (2,259 > 2,048), dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran bambu expert system terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati.

Kata kunci: Media pembelajaran, android, bambu expert system, Keanekaragaman hayati, Hasil belajar 

Article Details

How to Cite
Fawziah, E., Yani, A. P., & Idrus, I. (2019). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN 08 KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.73-79

References

  1. Arikunto, Suharmi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
  2. Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Hosnan. M. 2014. Pendekatan Sainstifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
  4. Kemendikbud.2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Depkemendikbud
  5. Mahnun, Nunu.2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam Vol. 37, No. 1, Januari-Juni 2012. (https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/anida/article/download/310/293&rct/ diakses tanggal 19 April 2018)
  6. Permendiknas. 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas
  7. Sambodo, Rizki Agung. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning (m-learning) Berbasis Android Untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Disertai diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Sunan Kalijaga
  8. Susilo, Muhammad Aji. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Wheel Alignment Di SMK Negeri 2 Surakarta. Disertai diterbitkan. Semarang: Fakultas Teknis Universitas Negeri Semarang.
  9. Syaiful Bahri, Djamarah., Zaim, Aswara. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
  10. Primairyani, Ariefa., Purwandi, Edina putri., Noperman, Feri., Sugraha, Famadhan. 2017. Bambu Expert System. Bengkulu : Universitas Bengkulu