Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa di kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 26 Seluma melalui model Discovery Learning. Jenis penelitian ini termasuk dalam  penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru biologi dan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 26 Seluma tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rerata dan kategori skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 24 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 26 (baik). Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 65% (belum tuntas) dan pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal 85% (tuntas). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 26 Seluma pada materi fotosintesis.

Kata kunci: Discovery Learning, aktivitas guru dan siswa, hasil belajar

 

Article Details

How to Cite
Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina, K. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.32-40