Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar peserta didik dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil analisa data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 28 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 32 dengan kriteria baik. Hasil analisa data observasi aktivitas peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 27,5 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 32 dengan kriteria baik. Hasil analisa hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 75% dengan kriteria tidak tuntas, pada siklus II mengalami peningkatan  menjadi 87,5% dengan kriteria tuntas. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu.

Kata kunci:Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas, hasil belajar.

 

Article Details

How to Cite
Yusmardi, B., Idrus, I., & Rahman, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIG SMPN 10 KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.67-74

References

  1. Abdullah, S. R. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. A.M.Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Anam, K, (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta
  4. Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  5. Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
  6. Ekananda, Febrandi. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Biologi Pada Siswa Kelas VIIIC SMPN 1 Pondok Kelapa. Skripsi (Tidak diterbitkan).
  7. Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 1–10.
  8. Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dab Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit Yrma Widya.
  9. Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  10. Nanda, J Setia. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.1 SMPN 14 Kota Bengkulu. Skripsi (Tidak diterbitkan).
  11. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.
  12. Surbakti, V Hendriyanto, (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIId SMPN 6 Kota Bengkulu. Skripsi (Tidak diterbitkan).
  13. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  14. Trianto. (2014). mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  15. Wijaya, I Wayan, dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajarran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPA Pada Siswa SD di Gugus IV Kecamatan Manggis. Jurnal Skripsi, diakses pada tanggal 20 November 2018.