Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan studi keanekaragaman jamur makroskopis di tandan kosong kelapa sawit PT Sandabi Indah Lestari.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 08 Bengkulu Utara sementara objek penelitian ini adalah LKPD. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Instrumen yang digunakan lembar angket untuk empat orang validator (dua orang Dosen Pendidikan Biologi dan dua guru Biologi), dan lembar tes untuk peserta didik. Analisis data validasi logis LKPD menggunakan skala likert. Teknik analisis data validasi empiris LKPD dengan menilai soal tes yang ada di LKPD yang telah dikerjakan kepada peserta didik. Nilai tersebut dirata-ratakan kemudian disesuaikan dengan kategori penilaian. Berdasarkan hasill validasi logis yang telah dilakukan, LKPD yang disusun memperoleh total persentase 81% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi empiris oleh peserta didik memperoleh nilai rata-rata 78,66% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil validasi logis dan validasi empiris tersebut, LKPD yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar oleh peserta didik kelas X pada materi fungi.

Kata kunci: Jamur Makroskopis, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Tandan Kosong Kelapa Sawit

Article Details

How to Cite
Gustia, L., Yani, A. P., & Irawati, S. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN STUDI KEANEKARAGAMAN JAMUR MARKOSKOPIS DI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 146–152. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.146-152

References

  1. Abadi, M. K., Asih, E. C. M., & Jupri, A. 2018. The development of interactive mathematics learning laterial based on local wisdom with. swf format. Journal of Physics: Conference Series. 4(2): 95-104.
  2. Ali, Nurhalieza, Amal, Fathie, Wan, dan Onn. 2013. Yield Performance and Biological Efficiency of Empty Fruit Bunch (EFB) and Palm Pressed Fibre (PPF) as Substrates for the Cultivation of Pleurotus Ostreatus. Jurnal Teknologi. 64(1): 93-99.
  3. Anggraeny, Evy. 2013. Fungi (Jamur). https://anzdoc.com/fungi-jamur-byms-evy-anggraeny-sma-regina-pacis jakarta.html (diakses pada 10 September 2018).
  4. Arningsih, Lenny. 2016. Pengembagan LKS Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Berdasarkan Hasil Studi Keanekaragaman Jamur Makroskopis di Limbah Padat Kelapa Sawit PT Bio Nusantara Teknologi Kabupaten Bengkulu Tengah. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu: Bengkulu.
  5. Darajati, Wahyuningsih. 2016. Indonesia Biodiversity Strategy and Action Plan. Jakarta: Kementrian Perencanaan Pemabangunan Nasional.
  6. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
  7. Fadhilah, Hafiza dan Budiyanto. Pengaruh Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Media Tumbuh Jamur terhadap Produksi dan Sifat Fisik Jamur Merang (Volvariella volvacea). Jurnal Agroindustri. 8(1): 80-96.
  8. Fajri, Aziza., Abdul Rahman., dan Ariefa P. Yani. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Jurnal pendidikan dan pembelajaran biologi. 2(2): 52-57.
  9. Hidayati, Mohammad, dan Asmawit. 2015. Pemanfaatan Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Media Pertumbuhan Jamur Tiram Putih. Jurnal Biopropal Industri. 6(2): 73-80.
  10. Noor, Rasuane. 2014. Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi SMA Melalui Inventarisasi Tumbuhan yang Berpotensi atau Sebagai Pewarna Alami di Kota Metro. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. 5(2): 94-104.
  11. Qosyatun, Umi. 2019. Identifikasi Jamur Makroskopis Pada Limbah Sawit Di Perkebunan Kelapa Sawit Pt Hindoli Kecamatan Sungai Lilin Dan Sumbangsihnya Pada Materi Jamur/Fungi Di Sma Kelas X. Diploma Thesis. Tidak diterbitkan. Uin Raden Fatah Palembang.
  12. Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
  13. Setiawati, Nindya Puri., Bhakti Karyadi., Ariefa P. Yani. 2018. Pengembangan Lkpd Ipa Berbasis Service Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Reflective Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1): 76-85.
  14. Wahyuni, Dwi. 2010. Mikologi Dasar. Jember: Jember University Press.
  15. Widjajanti, Endang. 2013. Kualitas Lembar Kerja Peserta didik. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Yogyakarta.
  16. Winarni, Endang Widi. 2018. Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB.
  17. Zukmadini, Alif Yanuar., Dewi Jumiarni., dan Kasrina. 2018. Developing Antimicrobial Medicinal Plants Pocketbook Based On Local Wisdom Of Muko-Muko And Serawai Ethnics. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 4(2): 95-104.