Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 6 tahap yaitu: tahap oreantasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, menyimpulkan, dan refleksi.  Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi penilaian hasil belajar ranah psikomotor. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I yaitu 66,66% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi  85,71% (tuntas). Sedangkan dalam ranah psikomotor pada siklus I dengan rerata skor hasil belajar psikomotor peserta didik dari 10,71 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 12,04.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan.

Kata Kunci : Inkuiri, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Yuliani, T., Idrus, I., & Irawati, S. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.40-48

References

  1. Abidin, Yunus, 2014. Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung : Refika aditama.
  2. Akbar, Alhamid M, 2016. Penerapan model inkuiri untuk melihat aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas XI IPA 5 MAN 1 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar evaluasi penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  4. Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Deviani, dkk. 2016. Efektivitas Pembelajaran Mengunakan LKS SMART( Solving, Manipulation and Story Telling) Berbasis Guided Inquiry Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pendidikan. 5 (3): 235-260. (online). (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe), Diakses 13 juli 2019.
  6. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka cipta.
  7. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta:Ghalia Indonesia.
  8. Lestari, Mami Gesti, 2015. Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi sistem perncernaan di kelas XI IPA 1 SMAN 8 kota Bengkulu. Bengkulu : universitas Bengkulu.
  9. Pratiwi, Putri, Khanaya, dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal visi ilmu pendidikan. 13 (1): 2337-2346. (online). (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/15385/8943.), Diakses 13 juli 2019.
  10. Kurniasi, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
  11. Mansur, 2015. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi. Sulawesi Selatan: Wisyaiswara LPMP.
  12. Meier, Dave. 2005. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: kaifa.
  13. Nasution. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  14. Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : pranada media grup.
  15. Sagala, S. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
  16. Seniwati. 2015. Peningkatan Aktivitas, Sikap dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas X SMA Negeri Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan. 3 (1): 317-321. (journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/download317/321. Diakses 3 desember 2018.
  17. Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  18. Suryono dan Harianto, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Roadakarya.
  19. Trianto. 2009. Mendeskripsikan model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep landasan dan implementasi pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integrative/KTI). Jakarta: prenadamedia group.
  20. Ulansari, Tuti, Putri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 2(1):27-33. (online). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5139/2698. Diakses 13 juli 2019.
  21. Undang-undang No 20 Thun 2003. Tentang Sistematika Pendidikan Nasional. Jakarta: Bidang dikbud KBRI Tokyo.
  22. Wahyudi, Eko, Lutfi Z.A. Imam Supardi, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Di Sman 1 Sumene. Jurnal Pendidikan. 5 (3): 315-319. (online).
  23. (journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/download. Diakses 3 desember 2018.