Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif dan psikomotor dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIIIC MTs N 02 Kepahiang pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIIIC MTs N 02 Kepahiang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data hasil belajar psikomotor pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata 12,5 (cukup) dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 15,08 (baik). Kemudian, hasil  belajar  ranah  kognitif pada   siklus I mendapatkan persentase sebesar 57,89%, dan meningkat pada siklus II menjadi 73,68%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIC MTs N 02 Kepahiang yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 15,79%.

Kata Kunci : Aktivitas Guru dan Peserta Didik, Discovery Learning,  Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Handayani, K., Yennita, Y., Idrus, I., & Abas, A. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII C MTs N 02 KEPAHIANG. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.56-64

References

  1. Amyani, E.S., Ansori I., Irawati S. 2017. Penerapan Model Discovery Learning (DL) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII2 SMP Negeri 03 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Biologi 2(1): 15-20 (online)
  2. (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5137/2696), diakses 22 Juli 2019
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Kadri, Muhammad., Rahmawati M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan 1(1): 30 (online) (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/21-24/pdf), diakses pada 23 Juli 2019
  6. Mudyaharjo, Redja. 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  7. Mubarok, Chusni., Sulistyo E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 3(2): 217 (online) (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/8495/3923), diakses pada 23 juli 2019
  8. Nasution. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  9. Novita, Fidya., Irawati S., Jumiarni D. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik. Diklabio : Jurnal Pendidikan Biologi 2(2): 86-93 (online) (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6811/3403), diakses pada 22 Juli 2019
  10. Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (Salinan)
  11. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar proses Penididikan Dasar dan Menengah (salinan).
  12. Rismayani, Niluh., Sukadi., Pursika I N. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganaan UNDIKSHA 1(2): 7 (online) (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/405/350), diakses pada 23 Juli 2019
  13. Rosarina, Gina., Sudin A., Sujana A. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah 1(1): 371 (online) (http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3043/pdf), diakses pada 23 Juli 2019
  14. Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara
  15. Sardiman, A.M.2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
  16. Sukardi. 2016. Metode penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
  17. Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  18. Uno, Hamzah, dkk. 2014. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara
  19. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu