Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan suplemen penuntun praktikum Taksonomi Tumbuhan tinggi yang dikembangkan berdasarkan studi etnobotani pemanfaatan tumbuhan mangrove di Kota Bengkulu oleh masyarakat sekitar kawasan hutan mangrove berdasarkan uji validasi dan uji keterbacaan pada mahasiswa pendidikan biologi UNIB. Wawancara kepada masyarakat dilakukan di 3 lokasi yaitu daerah sekitar hutan mangrove Kampung Bahari, hutan mangrove  di kelurahan Sumber Jaya dan Padang Serai serta hutan mangrove di Taman Wisata Alam Pantai Panjang dan Pulau Baai kelurahan Muara Dua kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Pengembangan suplemen penuntun praktikum berdasarkan studi etnobotani oleh peneliti. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli bahan ajar serta uji keterbacaan terhadap mahasiswa pendidikan biologi UNIB. Hasil uji validasi penuntun praktikum yang dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli bahan ajar mendapatkan hasil masing-masing ialah 78% dan 75% dengan kriteria valid, dan hasil uji keterbacaan pada mahasiswa yaitu 86% dengan kriteria sangat layak sehingga penuntun praktikum Taksonomi Tumbuhan tinggi yang telah dikembangkan, layak digunakan sebagai bahan ajar matakuliah Taksonomi Tumbuhan.

Kata Kunci : Etnobotani, Pemanfaatan Mangrove, Penuntun Praktikum, Taksonomi Tumbuhan Tinggi

Article Details

How to Cite
Permana, W. M., Kasrina, K., & Ansori, I. (2021). PENGEMBANGAN SUPLEMEN PENUNTUN PRAKTIKUM TAKSONOMI TUMBUHAN TINGGI BERDASARKAN STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN MANGROVE DI KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.65-73

References

  1. Akbar., Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
  2. Handini,M.N. 2018. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Serawai Sebagai Pengembangan Handout Biologi Kelas X SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Biologi 2 (2) : 35-43. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/ index.php/jppb/article/view/6802). Diakses 8 Januari 2019.
  3. Noor, Y.R., M. Khazali, dan I.N.N Suryadiputra. 2006. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. https://indonesia.wetlands.org/id/publikasi/panduan-pengenalan-mangrove-di-indonesia . (Diakses 8 januari 2019).
  4. Martin G.J. 1998. Etnobotani. Natural History Publication dan WWF. Malaysia.
  5. Pitasari, Y., Abdul, R., Kasrina. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Studi Pengaruh Osmosis Terhadap Warna Mata. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Biologi 2 (2) : 16-21. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id /index.php/jppb/article/view/6799). Diakses 08 Januari 2019.
  6. Purwanto, Y., 2000. Etnobotani dan konservasi plasma nutfah hortikultura : peran sistem pengetahuan lokal pada pengembangan dan pengelolaannya. Prosiding Seminar Hari Cintapuspa dan Satwa Nasional. Vol (4)3 : 56-62. http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/52308/Daftar_Pustaka.pdf. 8 Januari 2019.
  7. Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  8. Rustaman. 2005. Buku Strategi Belajar Mengajar Biologi. https://www. researchgate.net/publication/328718176_Buku_Strategi_Belajar_Mengajar_Biologi . (Online) (diakses 20 Januari 2019).
  9. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  10. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  11. Suwarjo.2013. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: UNY.
  12. Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  13. Tim Penyusun Program Studi Pendidikan Biologi. 2017. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Program Studi S1 Pendidikan Biologi JPMIPA FKIP UNIB.
  14. Tim Penyusun Program Studi Pendidikan Biologi. 2018. Kurikulum Pendidikan Biologi FKIP UNIB.
  15. Tivani, I., Paidi. 2016. Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan 2(1): 35-45. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view /8804). Diakses 8 Januari 2019.
  16. Widarmayanti, R. P., Susantini, E., dan Ambarwati, R. 2015. Profil Validitas LKS Berbasis Keterampilan Proses Pada Subpokok Bahasan Invertebrata Untuk Kelas X SMA. Jurnal Bioedu. Vol (4) 1. Surabaya: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya.