Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Universitas Bengkulu, Indonesia. Jurnal Sosiologi Nusantara teregistrasi dengan ISSN Print (2460-9099) dan ISSN Online (2622-9617). Jurnal ini menerima artikel ilmiah yang berisi hasil penelitian di bidang sosial humaniora,  kajian mengenai kependudukan, gender, pemberdayaan masyarakat. Redaksi tetap menerima naskah artikel yang masih berkaitan dengan topik sosial yang relevan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua naskah yang dikirim oleh penulis akan dibaca oleh tim editorial untuk kemudian ditinjau berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh Jurnal Sosiologi Nusantara. Adapun kriteria yang dimaksud ialah yang sesuai dengan format penulisan artikel ilmiah dan disediakan serta masih mengacu pada area dan fokus penelitian yang ada pada jurnal ini. Naskah yang dirasa memiliki potensi untuk menarik minat para pembaca akan direview melalui proses double blind reviewer. Artinya,reviewer  tidak mengetahui kepemilikan dari artikel yang direview. Pun demikian dengan penulis, yang tidak mengetahui siapa yang mereview tulisan mereka. Hal ini bertujuan agar penilaian yang dilakukan oleh reviewer dapat berlangsung secara objektif dan tanpa intervensi dari pihak manapun.  Reviewer dalam jurnal ini merupakan para akademisi yang ahli dibidangnya. Setelah dilakukan proses review oleh para reviewer, maka keputusan dan wewenang artikel untuk dapat dipublikasi berada pada Editor.  Nantinya, editor akan membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari para reviewer. Keputusan yang dimaksud mengandung beberapa kemungkinan, diantaranya : naskah ditolak, naskah memerlukan revisi besar, naskah memerlukan revisi kecil ataupun naskah langsung diterima.

 

Publication Frequency

Jurnal Sosiologi Nusantara terbit sebanyak 2 kali dalam 1 tahun, yakni pada bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

Jurnal Sosiologi Nusantara dapat diakses oleh umum untuk dapat dimanfaatkan seluas-luasnya sebagai sumber ilmu pengetahuan

 

Author Fees

Author Fees

Jurnal ini tidak membebankan biaya kepada penulis

Article Submission      : 0.00 (IDR)

Article Publication      : 0.00 (IDR)

 

Publication Ethics

Publication Ethics

Kewajiban Penulis

1. Standar Penulisan Artikel

Penelitian yang disajikan harus merupakan penelitian yang memuat data akurat. Artikel yang ditulis harus didukung dengan bukti dan referensi yang memadai. Melakukan penipuan dengan memuat data dan pernyataan yang tidak akurat merupakan bentuk tindakan yang tidak terpuji dan tidak dapat diterima.

2. Akses Data

Penulis diminta dapat menyediakan data dan dokumen mentah sehubungan dengan kepentingan editorial. Serta dapat menunjukkan dan menyimpan data yang dimaksud setelah publikasi naskah.

3. Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus dapat memastikan bahwa naskah yang telah ditulis merupakan karya asli. Serta mencantumkan kutipan sebagai rujukan dengan benar.

4. Publikasi Ganda

Penulis tidak diperkenankan untuk menerbitkan naskah artikel yang menggambarkan penelitian yang sama, dalam waktu yang bersamaan ke jurnal atau publikasi lain. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal, dalam waktu yang bersamaan, merupakan tindakan tidak terpuji.

5. Pengakuan Sumber

Penulis harus mengakui dan mencantumkan referensi dari kutipan naskah yang telah dipublikasi dengan benar.

6. Kontributor Pada naskah

Semua yang telah memberikan kontribusi secara signifikan pada naskah penelitian harus terdaftar sebagai penulis pada naskah artikel. Semua penulis telah melihat dan menyetujui naskah final dari artikel. Disamping itu, para penulis juga telah menyetujui pengajuan untuk publikasi.

7. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan mengenai cara pandang yang dapat mempengaruhi hasil intepretasi naskah mereka.

8. Kesalahan Mendasar Dalam Karya Yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang telah diterbitkan, maka kewajiban penulis adalah segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerjasama untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah artikel.

Kewajiban Editor

1.  Non Diskriminasi

Setiap mengevaluasi naskah untuk diterbitkan, editor berkewajiban untuk tidak memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis.

2. Menjaga Kerahasiaan

Editor beserta staf editorial berkewajiban untuk tidak mengungkap informasi apapun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapapun, selain kepada penulis, reviewer, penerbit dan para pihak yang berkepentingan selama proses menuju publikasi naskah artikel.

3. Konflik Kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang dijelaskan pada naskah yang dikirimkan kepada pihak editor, tidak diperkenankan untuk digunakan dalam penelitian pihak lain tanpa persetujuan tertulis dari penulis utama.

4. Keputusan Publikasi

Dewan Editor bertanggungjawab untuk memutuskan artikel yang akan diterbitkan. Setelah melalui proses validasi karya. Tim editor dapat dipandu dengan kebijakan yang berlaku dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor dalam membuat keputusan ini.

5. Review  Naskah Artikel

Editor berkewajiban untuk mengevaluasi orisinalitas karya. Editor mengatur dan melakukan peer review secara adil dan bijaksana. Editor berkewajiban untuk menjelaskan mengenai proses peer review yang dilakukan oleh para reviewer kepada para penulis secara jelas. Sekaligus menunjukkan bagian yang memerlukan perbaikan. Editor berkewajiban untuk menggunakan peer reviewer yang tepat pada setiap naskah artikel yang diterima. Selanjutnya menyerahkan kepada orang-orang yang memiliki keahlian yang memadai dengan mempertimbangkan keahlian dari para reviewer. Tujuannya agar menghindari mereka yang memiliki konflik kepentingan.

 

Indexing And Abstracting

BASE Logo               

 

F.A.Q

Tanya : Bagaimana cara mengirimkan artikel ke jurnal Sosiologi Nusantara ?

Jawab : Anda terlebih dahulu dapat mendaftar dan login dam masuk ke online submission. Lantas ikuti petunjuknya. Silahkan Anda dapat membuka laman :

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jsn/about/submissions#onlineSubmissions

Tanya : Bagaimana cara mengetahui status artikel ilmiah yang dikirimkan ?

Jawab : Untuk mengetahui status artikel yang Anda kirim. Silahkan login dan lihat status artikel tersebut. 

Untuk pertanyaan lainnya, silahkan dapat menghubungi admin kami melalui email : jurnalsn@unib.ac.id atau menghubungi no WA +62 85664947395 / +62 89697529790