Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan kondisi pemanfaatan lahan pekarangan rumah pada masyarakat Kelurahan Semarang pasca program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari, (2) mengetahui dan mendeskripsikan peran Local Champion dalam kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman pangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun data-data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori Hegemoni dari Antonio Gramsci digunakan untuk mengkerangkai analisis Sosiologis terhadap masalah penelitian. Informan diperoleh melalui teknik Purposive Sampling terhadap para pegiat budidaya tanaman pangan yang aktif pasca program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari hingga saat ini. Penelitian menghasilkan informasi bahwa eksistensi kegiatan budidaya tanaman pangan di lahan pekarangan rumah yang dilakukan oleh para pegiat di Kelurahan Semarang tidak terlepas dari adanya peranan sang Local Champion. Local Champion tersebut mencetuskan dan mentransfer ide-ide berupa inovasi teknologi yang inovatif dan kreatif spesifik lingkungan kepada para pegiat, yang selanjutnya diadopsi dan menjadi suatu sistem baru dalam menjalankan kegiatan budidaya tanaman pangan sayuran di lahan pekarangan rumah. Inovasi kreatif yang diadopsi tersebut terbukti meningkatkan produktifitas kegiatan budidaya tanaman pangan di lahan pekarangan rumah yang dilakukan sehingga menimbulkan kemandirian para pegiat serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan serta kesolidaritasan antar sesama pegiat budidaya tanaman pangan di Kelurahan Semarang.

 

Kata Kunci: Peran Local Champion, Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah, Budidaya Tanaman Pangan Sayuran

Article Details

How to Cite
Setiawan, P. A., Purwaka, P., & Hartati, S. (2019). PERAN LOKAL CHAMPION DALAM PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN RUMAH MELALUI BUDAYA TANAMAN PANGAN SAYURAN (Studi di Kelurahan Semarang, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu). Jurnal Sosiologi Nusantara, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/jsn.3.1.1-11

References

  1. Astuti, Umi Pudji. 2011. Petunjuk Teknis Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Provinsi Bengkulu. Laporan Akhir. Bengkulu: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.
  2. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu. 2015. Profil dan Sejarah. Bengkulu. Diakses pada 27 Agustus, 2015 (http://bengkulu.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/profil/sejarah).
  3. Rahmad, Rukmana. 2005. Bertanam Sayuran di Pekarangan. Yogyakarta: Kanisius.
  4. Soetomo. 2008. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  5. Nurrizka, Kartika. 2013. Pola Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Sekitar Kawasan Pariwisata Taman Bunga Nusantara, Kabupaten Cianjur. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.