Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Sain Peternakan Indonesia (ISSN 1978-3000) adalah jurnal dengan akses terbuka. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil hasil penelitian asli, ulasan/telaah/tinjauan pustaka, kasus lapang atau gagasan dalam bidang peternakan yang relevan dengan bidang studi apa pun yang melibatkan hewan ternak, ilmu hewan, veteriner, etika hewan dan kesejahteraan hewan. Semua artikel harus diserahkan dengan persetujuan etis yang diperlukan (silakan merujuk pada Pedoman Etika Publikasi untuk informasi lebih lanjut).

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Publication Frequency

Jurnal Sain Peternakan Indonesia akan menerbitkan versi online dan cetak yaitu 4 issue dalam satu volume per tahun (Edisi Januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember) dan selalu bebas untuk mengakses, mengunduh, dan menggunakan kembali di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Artikel yang diterima akan segera dipublikasikan secara online ketika sudah siap untuk dipublikasikan.

 

Open Access Policy

Jurnal Sain Peternakan Indonesia menyediakan akses terbuka langsung ke konten pada prinsip bahwa membuat penelitian secara bebas tersedia untuk umum mendukung pertukaran global yang lebih besar dari pengetahuan. Pengguna memiliki hak untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, menautkan ke teks lengkap dari artikel ini, atau menggunakannya untuk tujuan sah lainnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics

Setiap penulis yang ingin mengajukan publikasi artikel hasil penelitian dan telaah pustaka pada Jurnal Sain Peternakan Indonesia (JSPI) harus mematuhi etika publikasi yang berlaku dan diterapkan di JSPI.

  • Setiap naskah yang akan dipublikasikan harus di kirimkan melalui system OJS dengan mendaftar dahulu sebagai penulis di JSPI.
  • Setiap fakta yang mungkin dianggap sebagai kemungkinan konflik kepentingan dari penulis harus diungkapkan kedalam naskah sebelum diserahkan.
  • Penulis harus secara akurat mempresentasikan temuan penelitian mereka dan memasukkan diskusi objektif tentang pentingnya temuan mereka.
  • Data dan metode yang digunakan dalam penelitian perlu disajikan dalam rincian yang cukup dalam makalah, sehingga peneliti lain dapat mereplikasi pekerjaan.
  • Data mentah sebaiknya disimpan secara publik oleh penulis sebelum penyerahan naskah mereka. Penulis setidaknya perlu memiliki data mentah yang tersedia untuk dipresentasikan kepada wasit dan editor jurnal, jika diminta. Penulis perlu memastikan langkah-langkah yang tepat diambil sehingga data mentah dipertahankan secara penuh untuk waktu yang wajar setelah publikasi.
  • Penyerahan naskah secara simultan ke lebih dari satu jurnal tidak akan ditoleransi.
  • Mempublikasikan ulang konten yang bukan novel tidak akan ditoleransi (misalnya, terjemahan bahasa Inggris dari makalah yang sudah diterbitkan dalam bahasa lain tidak akan diterima).
  • Jika kesalahan dan ketidakakuratan ditemukan oleh penulis setelah publikasi makalah mereka, mereka harus segera dikomunikasikan kepada editor jurnal ini sehingga tindakan yang tepat dapat diambil.
  • Naskah Anda tidak boleh mengandung informasi apa pun yang telah diterbitkan. Jika Anda menyertakan gambar atau gambar yang sudah dipublikasikan, harap dapatkan izin yang diperlukan dari pemegang hak cipta untuk menerbitkannya di bawah lisensi CC-BY. Untuk informasi lebih lanjut, lihat halaman Hak dan Izin.
  • Plagiarisme, pembuatan data, dan manipulasi gambar tidak dapat ditoleransi.
  • Plagiarisme termasuk menyalin teks, ide, gambar, atau data dari sumber lain, bahkan dari publikasi Anda sendiri, tanpa memberikan kredit apa pun kepada sumber aslinya.
  •  Penggunaan kembali teks yang disalin dari sumber lain harus antara kutipan dan sumber aslinya harus dikutip. Jika desain penelitian atau struktur atau bahasa manuskrip telah diilhami oleh karya-karya sebelumnya, karya-karya ini harus dikutip secara eksplisit.
  • Jika plagiarisme terdeteksi selama proses peer review, naskah mungkin ditolak. Jika plagiarisme terdeteksi setelah publikasi, kami dapat menerbitkan koreksi atau menarik kembali kertas.
  • File gambar tidak boleh dimanipulasi atau disesuaikan dengan cara apa pun yang dapat menyebabkan kesalahan interpretasi informasi yang diberikan oleh gambar asli.

 

About Publisher

Jurnal Sain Peternakan Indonesia (ISSN 1978-3000) diterbitkan oleh Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu bekerjasama dengan BPFP Universitas Bengkulu ; Jurnal online akses terbuka, (Bengkulu City, Indonesia).

Publisher's Mailing Address

Jurusan Peternakan
Fakultas Pertanian
Universitas Bengkulu.
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun,
Kota Bengkulu
Indonesia 38371A.Telp (0736) 21170 pst 219.
e-mail : jsainpet@gmail.com dan jspi@unib.ac.id.
Dapat diakses di http://ejournal.unib.ac.id/index.php/jspi/

 

Disclaimer

Pandangan yang diungkapkan dalam karya yang diterbitkan tidak mengungkapkan pandangan jurnal / penerbit / Editor / Staf Editorial. Para penulis memiliki tanggung jawab hukum dan moral untuk ide-ide yang diungkapkan dalam artikel. Penerbit tidak akan memiliki kewajiban dalam hal penerbitan klaim untuk kerusakan. Penerbit tidak akan dianggap bertanggung jawab secara hukum jika ada klaim kompensasi.

 

Screening For Plagiarisme

Plagiarisme adalah masalah serius dan sangat mudah dihindari. Artikel yang terindikasi plagiat tidak diizinkan untuk diterbitkan dalam Jurnal Sain Peternakan Indonesia (JSPI). Kami menggunakan software Plagiarism Checker untuk deteksi awal kemungkinan plagiarisme. Namun tetap saja jika ada artikel yang ditemukan dijiplakan di kemudian hari maka tindakan yang tepat akan diambil sesuai dengan pedoman penerbit tentang plagiarisme. Kami akan meninjau artikel yang dicurigai / diklaim tidak sesuai etika publikasi penerbit JSPI dan artikel itu mungkin akan ditarik kembali.

 

Reviewer Guidelines

Email undangan dengan judul artikel, abstrak, ulasan tanggal jatuh tempo, dan tautan untuk mengakses dasbor mitra bestari atau reviewer  akan dikirim ke alamat email yang diverifikasi di mana pengulas dapat masuk menggunakan ID pengguna dan kata sandi untuk menerima atau menolak permintaan review. Jika peninjau atau reviewer memilih untuk menerima tugas peninjauan, halaman pedoman peninjauan akan terbuka yang akan berisi instruksi singkat untuk peninjau dan beberapa tautan ke sumber daya tambahan untuk peninjau. Setelah membaca panduan resensi dapat mengklik tab "lanjutkan ke langkah # 3" yang akan memungkinkan mengunduh naskah lengkap dan mengisi formulir tanggapan ulasan. Tinjau formulir respons yang biasanya berisi beberapa kuesioner dan kotak teks; satu untuk menulis komentar kepada penulis dan lainnya untuk menulis komentar rahasia kepada editor. Peninjau dapat mengisi formulir tanggapan ini ketika siap untuk memberikan umpan balik dan memilih rekomendasi dari daftar turun bawah lalu klik tombol pilihan untuk menerima naskah, baik perbaikan minor maupun perbaikan major. Selain itu, peninjau dapat mengunggah laporan peninjauannya sebagai lampiran file untuk disampaikan kepada editor.

 

Publication Charge

Mahasiswa/Student : IDR 350.000

Dosen/Researcher : IDR 450.000