Pengaruh Penggunaan Video Online YouTube terhadap Kemampuan Keterampilan Klinik Dasar Mahasiswa Kedokteran Terkait Keterampilan Pewarnaan Gram

Utari Hartati Suryani(1), Enny Nugraheni(2), Zayadi Zainuddin(3),
(1) , Indonesia
(2) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Latar Belakang: Teknik dan metode pembelajaran keterampilan klinik pada pendidikan kedokteran semakin kreatif dan inovatif namun pembelajaran keterampilan klinik saat ini membutuhkan waktu dan sumber daya yang tidak sedikit. Institusi pendidikan kedokteran harus membangun laboratorium dengan perlengkapan simulator modern. Peningkatan penggunaan smartphone, tablet, android mungkin merupakan sarana yang baik untuk pembelajaran keterampilan klinik. Multimedia seperti video online YouTube mungkin menjadi sebuah pilihan guna mengatasi kelemahan tersebut.

Tujuan: Membandingkan pembelajaran keterampilan pewarnaan gram yang menggunakan video online dengan metode pembelajaran melalui demonstrasi dan kombinasi keduanya. Metode: Penelitian ekperimental dengan desain randomized control trial dengan post test dan blinded examination. Sampel adalah mahasiswa kedokteran tahap sarjana kedokteran dibagi secara acak untuk kelompok yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi sebagai kelompok kontrol dan kelompok yang menggunakan metode pembelajaran dengan video online serta kombinasi keduanya sebagai kelompok perlakuan. Data dianalisis dengan uji statistik menggunakan program SPSS 13.00.

Hasil: Tidak terdapat perbedaan yang keterampilan pewarnaan Gram yang bermakna antara kelompok demonstrasi langsung dengan video online maupun metode kombinasi. Keterbacaan hasil pewarnaan Gram antara kelompok demonstrasi langsung video online atau metode kombinasi tidak menunjukkan perbedaan bermakna.

Kesimpulan: Metode pembelajaran pewarnaan Gram dengan memanfaatkan video online maupun metode kombinasi memberikan hasil yang sama dengan metode demonstrasi langsung dalam hal penguasaan keterampilan dan kualitas hasil pewarnaan.

 

Kata Kunci: Keterampilan klinik, Video Online YouTube, Pewarnaan Gram

Article Metrics

 Abstract Views : 30 times
 PDF Downloaded : 31 times  PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JKR (Jurnal kedokteran Raflesia) is indexed on:


Creative Commons License

JKR (Jurnal Kedokteran Raflesia) is an open access journal so that it is free of charge for readers, writers, and anyone accessing full-text articles in this journal site [see Open Access Policy]

MAP