Main Article Content

Abstract

Latar Belakang: Daun P. indica sering digunakan sebagai obat tradisional, tetapi pemanfaatan daun P. indica sebagai antidiabetes pada masyarakat masih jarang dilakukan. Daun P. indica diidentifkasi memiliki caffeoylquinic acid aktif yang berfungsi menghambat ?-glukosidase dan bertindak sebagai agen antihiperglikemia untuk menurunkan kadar glukosa. Diabetes berhubungan dengan peningkatan trigliserida darah. Penelitian ini dilakukan untuk menilai efek pemberian ekstrak metanol daun P. indica terhadap kadar glukosa dan trigliserida darah  M. musculus yang diinduksi sukrosa.

Metode: Penelitian ini menggunakan 25 ekor M. musculus yang diinduksi sukrosa 10% selama 20 hari kemudian pada hari ke 21 M. musculus dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu kontrol negatif tanpa perlakuan, kontrol positif dengan pemberian akarbose, dan kelompok perlakuan dengan pemberian ekstrak daun P. indica 0.3, 0,6, dan 0,9 mg/20gBB. Pengukuran kadar glukosa dan trigliserida dilakukan sebelum induksi sukrosa, sebelum perlakuan, menit ke 15, 30, dan 60 setelah perlakuan.

Hasil: Setelah 20 hari induksi sukrosa M. musculus mengalami diabetes yang diikuti dengan peningkatan kadar trigliserida. Terjadi penurunan kadar glukosa sebesar 13.93% pada kelompok M. musculus yang diberi akarbose, kelompok dengan ekstrak daun P. indica 0.3 mg/20gBB sebesar 9.37%, kelompok dengan ekstrak daun P. indica 0,6 mg/20gBB 18,65%, dan kelompok dengan ekstrak daun P. indica 0,9 mg/20gBB sebesar 37.17%. Penurunan kadar trigliserida terjadi pada seluruh kelompok pemberian ekstrak daun P. indica akan tetapi hanya kelompok perlakuan dengan ekstrak daun P. indica 0,9 mg/20gBB saja yang dapat menurunkan kadar trigliserida secara signifikan (p <0.05) dengan penurunan sebesar 15.83%.

Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan pemberian ekstrak metanol daun P. indica 0,9 mg/20gBB dapat menurunkan kadar glukosa dan trigliserida darah M. musculus yang diinduksi sukrosa.

Kata Kunci: Daun P. indica, diabetes, kadar glukosa,  kadar trigliserida.

Article Details

How to Cite
Putri, T. A., Ruyani, A., & Nugraheni, E. (2017). Uji Efek Pemberian Ekstrak Metanol Daun Beluntas (Pluchea Indica L) terhadap Kadar Glukosa dan Trigliserida Darah Mencit (Mus Musculus) yang Diinduksi Sukrosa. Jurnal Kedokteran Raflesia, 3(1). https://doi.org/10.33369/juke.v3i1.5629