Main Article Content
Abstract
Penggunaan media TIK yang masif dapat membantu siswa memahami isi materi yang diajarkan. hal ini disebabkan siswa sekolah dasar yang berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkrit, dimana siswa pada tahap ini telah mampu berpikir secara logis dengan bantuan benda-benda konkrit. Dengan menggunakan media TIK ini, guru dapat menghadirkan benda-benda konkrit yang divisualisasikan melalui media TIK ke dalam kelas untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan dan kualitas media pembelajaran berbasis TIK yang dirancang, diproduksi dan dimanfaatkan oleh calon guru sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini akan menggunakan data deskriptif prosentase sebagai metode mencari data dan mendeskripsikan hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian ini melibatkan 125 orang calon guru sekolah dasar yang telah melaksanakan praktik peer teaching menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Pengumpulan data dalam penelitian ini memggunakan angket yang disebarkan kepada calon guru. Hasil penelitian ini menunjukkan, calon guru sekolah dasar telah mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK dengan baik. Diharapkan dimasa yang akan datang, akan ada media pembelajaran berbasis TIK yang berkualitas dalam pembelajaran untuk anak usia sekolah dasar.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aka, A.K. 2017. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2a Desember 2017 P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122
- Ali,G.M. 2018. Menilik Revolusi Industri 4.0 dari Aspek Pendidikan. http://fia.ub.ac.id/blog/berita/menilik-revolusi-industri-4-0-dari-aspek-pendidikan.html
- Andriani, D.E. 2010. Pengembangan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 6. No. 2, Oktober 2010. Jurnal Manajemen Pendidikan FIP UNY Yogyakarta
- Bratengeyer, E and G. Schwed, “eLQe: A Cool Tool for Simply Evaluating Your E-learning Course Development,” In: Proceedings of the Eighth International Conference on Elearning in the Workplace, 2016, New York, USA. [Online]. Available: https://www.icelw.org/proceedings/2016/ICELW2016/Papers/Bratengeyer_Schwed.pdf
- Dharmayana, I.W. Masrun, A Kumara, Y G Wirawan. 2012. Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediator Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. JURNAL PSIKOLOGI VOLUME 39, NO. 1, JUNI 2012: 76 – 94
- Eady, J.E. Lockyer, L. 2013, 'Tools for learning: technology and teaching strategies', Learning to Teach in the Primary School, Queensland University of Technology, Australia. 71
- Eko, R. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0 https://www.researchgate.net/publication/332423142
- Kasali, R. 2018. Disruption (9th ed.). Jakarta: Gramedia
- Kazaine, I. 2017. Evaluating the Quality of E-learning Material Environment. Technology. Resources, Rezekne, Latvia Proceedings of the 11th International Scientific and Practical Conference. Volume II, 74-77 ISSN 1691-5402 http://dx.doi.org/10.17770/10.17770/etr2017vol2.2557 74 - 77
- Manik, M.M. Qasim,M. Shareef, A.F. 2014. Embedding 21st Century Skills in Pre-service Teacher Training: A Case Study from the Maldives. http://repository.ut.ac.id/5104/1/Embedding%2021st%20Century%20Skills%20in%20Pre-service%20Teacher%20Training.pdf 201-210
- Muhson, A.. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 - 10
- Srisawasdi, N. 2012. The role of TPACK in physics classroom: case studies of preservice physics teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences 46 ( 2012 ). https://www.researchgate.net/publication/271881232 3235 – 3243
- Syarifuddin. 2015. Motif Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Lakkang Kec. Tallo Kota Makassar). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No. 1, April 2015: 43-55
- Smaldino, S.E et al., 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall Inc.
- The Nielsen Company (US). The Nielsen Total Audience Report: Q1 2017, (online) http://www.nielsen.com/us/en/insights/reports/2017/the-nielsen-total-audience-report-q1-2017.html
- Videnovic, M., Karadimce, A. 2019. Introduction of 21st Century Skills in Primary Schools: Case Study Macedonia. The 15th International Conference for Informatics and Information Technology (CIIT 2018). https://www.researchgate.net/publication/327871406 142-147
- Wijayanti, Inggit Dyaning .2011. Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta
- Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. National Education Seminar with the theme "21st Century MIPA Learning Strategic Issues, dated 10 December 2016 in Biology Education Study Program STKIP Equator Persada Sintang - West Kalimantan. https://www.researchgate.net/publication/318013627
References
Aka, A.K. 2017. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2a Desember 2017 P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122
Ali,G.M. 2018. Menilik Revolusi Industri 4.0 dari Aspek Pendidikan. http://fia.ub.ac.id/blog/berita/menilik-revolusi-industri-4-0-dari-aspek-pendidikan.html
Andriani, D.E. 2010. Pengembangan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 6. No. 2, Oktober 2010. Jurnal Manajemen Pendidikan FIP UNY Yogyakarta
Bratengeyer, E and G. Schwed, “eLQe: A Cool Tool for Simply Evaluating Your E-learning Course Development,” In: Proceedings of the Eighth International Conference on Elearning in the Workplace, 2016, New York, USA. [Online]. Available: https://www.icelw.org/proceedings/2016/ICELW2016/Papers/Bratengeyer_Schwed.pdf
Dharmayana, I.W. Masrun, A Kumara, Y G Wirawan. 2012. Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediator Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. JURNAL PSIKOLOGI VOLUME 39, NO. 1, JUNI 2012: 76 – 94
Eady, J.E. Lockyer, L. 2013, 'Tools for learning: technology and teaching strategies', Learning to Teach in the Primary School, Queensland University of Technology, Australia. 71
Eko, R. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0 https://www.researchgate.net/publication/332423142
Kasali, R. 2018. Disruption (9th ed.). Jakarta: Gramedia
Kazaine, I. 2017. Evaluating the Quality of E-learning Material Environment. Technology. Resources, Rezekne, Latvia Proceedings of the 11th International Scientific and Practical Conference. Volume II, 74-77 ISSN 1691-5402 http://dx.doi.org/10.17770/10.17770/etr2017vol2.2557 74 - 77
Manik, M.M. Qasim,M. Shareef, A.F. 2014. Embedding 21st Century Skills in Pre-service Teacher Training: A Case Study from the Maldives. http://repository.ut.ac.id/5104/1/Embedding%2021st%20Century%20Skills%20in%20Pre-service%20Teacher%20Training.pdf 201-210
Muhson, A.. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 - 10
Srisawasdi, N. 2012. The role of TPACK in physics classroom: case studies of preservice physics teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences 46 ( 2012 ). https://www.researchgate.net/publication/271881232 3235 – 3243
Syarifuddin. 2015. Motif Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Lakkang Kec. Tallo Kota Makassar). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No. 1, April 2015: 43-55
Smaldino, S.E et al., 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall Inc.
The Nielsen Company (US). The Nielsen Total Audience Report: Q1 2017, (online) http://www.nielsen.com/us/en/insights/reports/2017/the-nielsen-total-audience-report-q1-2017.html
Videnovic, M., Karadimce, A. 2019. Introduction of 21st Century Skills in Primary Schools: Case Study Macedonia. The 15th International Conference for Informatics and Information Technology (CIIT 2018). https://www.researchgate.net/publication/327871406 142-147
Wijayanti, Inggit Dyaning .2011. Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta
Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. National Education Seminar with the theme "21st Century MIPA Learning Strategic Issues, dated 10 December 2016 in Biology Education Study Program STKIP Equator Persada Sintang - West Kalimantan. https://www.researchgate.net/publication/318013627