Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan peran orang tua dalam mendidik anak menurut Islam berdasarkan analisis tafsir surat Luqman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data primer yang digunakan adalah Al-Qur;an dan Terjemahannya, dan kitab Tafsir Ibnu Katsir. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian dari analisis tafsir Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menunjukkan bahwa Luqman dalam menjalankan perannya sebagai orang tua adalah : menjadi teladan bagi anaknya dengan menggunakan metode pendidikan keteladanan dan metode nasihat. Adapun konten pendidikan yang terdapat surat Luqman ayat 13, 16, 17, 18, 19 ialah jangan menyekutukan Allah, setiap perbuatan yang dilakukan akan ada balasannya, mendirikan shalat, berbuat baik, nahi mungkar, sabar, jangan memalingkan muka, jangan angkuh, sederhana dalam berjalan, dan melunakkan suara.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peran orang tua sebagai teladan dalam surat Luqman ayat 13, 16, 17, 18, dan 19 menggunakan metode pendidikan dengan nasihat dan metode pendidikan dengan keteladanan serta terdapat konten pendidikan akidah, pendidikan akhlak, dan pendidikan ibadah.

Article Details

How to Cite
Adilla, U., Lukman, L., & Noperman, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Menurut Islam Dalam QS. Luqman. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 309–314. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.3.309-314

References

  1. Abdurrazzaq. (2018). Karakteristik dan Kepribadian Nabi. Jakarta: PT Griya Ilmu Mandiri Sejahtera.
  2. Akmansyah. M. (2015), Al-Qur’an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, vol. 8, no. 2, Hal: 141
  3. Ansori, R. A. M., (2016), Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik, Jurnal Pusaka, vol. 8, Hal: 24
  4. Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
  5. Ayun, Q. (2016), Pendidikan Dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Prespektif Psikologi Perkembangan Islam, Jurnal Attarbiyah, vol. 26, Hal: 115
  6. Basire, J. H. T, (2010), Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Hunafa, vol. 7, no. 2, Hal: 169
  7. Djaelani, M. S., (2013), Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat, Jurnal Ilmiah Widya, vol. 1, no. 2, Hal: 105
  8. Faturrohman, pupuh. dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
  9. Fauzi. M. M, (2017), Kecerdasan Emosional Menurut Luqman Al-Hakim (Studi Analisis Surat Luqman, Ayat 12-19), Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, vol. 4, no. 1, Hal: 57
  10. Fauziah. P. Y, dkk. (2019), Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, Hal: 109
  11. Handayani. M. (2017), Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak, Jurnal Ilmiah Visi PGTK dan DIKMAS, vol. 12, no. 1, Hal: 77
  12. Hasnunidah, Neni. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
  13. Hidayat, N. (2015), Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Ta’allum, vol. 03, no. 02, Hal: 149
  14. Hidayat, N. (2016), Konsep Pendidikan Islam Menurut Q.S. Luqman Ayat 12-19, Jurnal Ta’allum, vol. 04, no. 02, Hal: 368
  15. Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka
  16. Jannah, Nur, S, dkk. (2018), Pendidikan Anak Menurut Zakiah Darajat. Jurnal Kependidikan Islam, vol. 4, no.1., Hal :60-61
  17. Juwita, D. R., (2018), Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini, Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 7, no.2., Hal :309
  18. Kementerian Agama RI (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.
  19. Lilawati. A. (2020), Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, Hal: 554
  20. Maskufah, Sri. 2014. Smart Messages for Ukhti. Jakarta: Zikrul Hakim
  21. Mardiyah. (2015), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Kependidikan, vol. III, no. 2, Hal: 121
  22. Moleong, Lexy J. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  23. Navisah, I. (2017), Model Pengembangan Karakter Dalam Keluarga, Jurnal Psikoislamika, vol. 14, no. 1, Hal: 19
  24. Rahayu, Y. (2014), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Pada Keluarga Petani Di Desa Mekar Baru, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, vol. 5, no. 2, Hal: 85
  25. Sada. H. J. (2015), Konsep Pembentukan Kepribadian Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, Hal: 271
  26. Saripah. I. (2016), Peran Orang Tua Dan Keteladanan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 10, no. 2, Hal: 30
  27. Setiawan, A. (2016) Metode Pendidikan Islam Masa Kini Dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan, Jurnal Educasia, vol. 1, no. 2, Hal: 253
  28. Sudarsono. (2018). Pendidikan Ibadah Perspektif Al-Qur’an dan Hadits, Jurnal Studi Keislaman, vol. 4, no.1., Hal : 64
  29. Sugiyono,(2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  30. Sugiyono, (2015), Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
  31. Syaifuddin, dkk. (2017), Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga, Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, vol. 03, no. 02, Hal:165
  32. Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak Dala Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.3, no.1, Hal: 133
  33. Widyastuti. S. (2018), Parenting Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam, Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, vol. 2, no. 2, Hal: 192
  34. Winarni, Endang Widi., (2018). Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, dan R&D, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
  35. Yanuarti, dkk. (2020), Peran Orang Tua Penambang Emas Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Kelurahan Kampung Jawa, Jurnal Edification, vol. 3, no. 01, Hal: 10-11
  36. Yuliana, E. (2017), Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadits, Jurnal Al-Irfani STAI Darul Kamal NW Kembang kerang, vol. I, no. 2, Hal: 10
  37. Yusuf. M. (2019), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Dalam Surah Luqman, Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, Hal: 56