Analisis Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Menurut Islam Dalam QS. Luqman

Ulfa Adilla(1), Lukman Lukman(2), Feri Noperman(3),
(1) PGSD Universitas Bengkulu, 
(2) PGSD Universitas Bengkulu, 
(3) PGSD Universitas Bengkulu, 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan peran orang tua dalam mendidik anak menurut Islam berdasarkan analisis tafsir surat Luqman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data primer yang digunakan adalah Al-Qur;an dan Terjemahannya, dan kitab Tafsir Ibnu Katsir. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian dari analisis tafsir Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menunjukkan bahwa Luqman dalam menjalankan perannya sebagai orang tua adalah : menjadi teladan bagi anaknya dengan menggunakan metode pendidikan keteladanan dan metode nasihat. Adapun konten pendidikan yang terdapat surat Luqman ayat 13, 16, 17, 18, 19 ialah jangan menyekutukan Allah, setiap perbuatan yang dilakukan akan ada balasannya, mendirikan shalat, berbuat baik, nahi mungkar, sabar, jangan memalingkan muka, jangan angkuh, sederhana dalam berjalan, dan melunakkan suara.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peran orang tua sebagai teladan dalam surat Luqman ayat 13, 16, 17, 18, dan 19 menggunakan metode pendidikan dengan nasihat dan metode pendidikan dengan keteladanan serta terdapat konten pendidikan akidah, pendidikan akhlak, dan pendidikan ibadah.


Full Text:

PDF

References


Abdurrazzaq. (2018). Karakteristik dan Kepribadian Nabi. Jakarta: PT Griya Ilmu Mandiri Sejahtera.

Akmansyah. M. (2015), Al-Qur’an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, vol. 8, no. 2, Hal: 141

Ansori, R. A. M., (2016), Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik, Jurnal Pusaka, vol. 8, Hal: 24

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta

Ayun, Q. (2016), Pendidikan Dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Prespektif Psikologi Perkembangan Islam, Jurnal Attarbiyah, vol. 26, Hal: 115

Basire, J. H. T, (2010), Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Hunafa, vol. 7, no. 2, Hal: 169

Djaelani, M. S., (2013), Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat, Jurnal Ilmiah Widya, vol. 1, no. 2, Hal: 105

Faturrohman, pupuh. dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Fauzi. M. M, (2017), Kecerdasan Emosional Menurut Luqman Al-Hakim (Studi Analisis Surat Luqman, Ayat 12-19), Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, vol. 4, no. 1, Hal: 57

Fauziah. P. Y, dkk. (2019), Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, Hal: 109

Handayani. M. (2017), Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak, Jurnal Ilmiah Visi PGTK dan DIKMAS, vol. 12, no. 1, Hal: 77

Hasnunidah, Neni. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Hidayat, N. (2015), Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Ta’allum, vol. 03, no. 02, Hal: 149

Hidayat, N. (2016), Konsep Pendidikan Islam Menurut Q.S. Luqman Ayat 12-19, Jurnal Ta’allum, vol. 04, no. 02, Hal: 368

Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka

Jannah, Nur, S, dkk. (2018), Pendidikan Anak Menurut Zakiah Darajat. Jurnal Kependidikan Islam, vol. 4, no.1., Hal :60-61

Juwita, D. R., (2018), Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini, Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 7, no.2., Hal :309

Kementerian Agama RI (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.

Lilawati. A. (2020), Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, Hal: 554

Maskufah, Sri. 2014. Smart Messages for Ukhti. Jakarta: Zikrul Hakim

Mardiyah. (2015), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Kependidikan, vol. III, no. 2, Hal: 121

Moleong, Lexy J. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Navisah, I. (2017), Model Pengembangan Karakter Dalam Keluarga, Jurnal Psikoislamika, vol. 14, no. 1, Hal: 19

Rahayu, Y. (2014), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Pada Keluarga Petani Di Desa Mekar Baru, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, vol. 5, no. 2, Hal: 85

Sada. H. J. (2015), Konsep Pembentukan Kepribadian Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, Hal: 271

Saripah. I. (2016), Peran Orang Tua Dan Keteladanan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 10, no. 2, Hal: 30

Setiawan, A. (2016) Metode Pendidikan Islam Masa Kini Dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan, Jurnal Educasia, vol. 1, no. 2, Hal: 253

Sudarsono. (2018). Pendidikan Ibadah Perspektif Al-Qur’an dan Hadits, Jurnal Studi Keislaman, vol. 4, no.1., Hal : 64

Sugiyono,(2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2015), Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Syaifuddin, dkk. (2017), Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga, Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, vol. 03, no. 02, Hal:165

Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak Dala Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.3, no.1, Hal: 133

Widyastuti. S. (2018), Parenting Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam, Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, vol. 2, no. 2, Hal: 192

Winarni, Endang Widi., (2018). Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, dan R&D, Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Yanuarti, dkk. (2020), Peran Orang Tua Penambang Emas Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Kelurahan Kampung Jawa, Jurnal Edification, vol. 3, no. 01, Hal: 10-11

Yuliana, E. (2017), Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadits, Jurnal Al-Irfani STAI Darul Kamal NW Kembang kerang, vol. I, no. 2, Hal: 10

Yusuf. M. (2019), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Dalam Surah Luqman, Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, Hal: 56




DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.3.309-314

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar



VISITOR JURIDIKDAS:

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

JURIDIKDAS indexed in:

 

 

JURIDIKDAS

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : juridikdas@unib.ac.id