Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan peran orang tua dalam mendidik anak menurut Islam berdasarkan analisis tafsir surat Luqman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data primer yang digunakan adalah Al-Qur;an dan Terjemahannya, dan kitab Tafsir Ibnu Katsir. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian dari analisis tafsir Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menunjukkan bahwa Luqman dalam menjalankan perannya sebagai orang tua adalah : menjadi teladan bagi anaknya dengan menggunakan metode pendidikan keteladanan dan metode nasihat. Adapun konten pendidikan yang terdapat surat Luqman ayat 13, 16, 17, 18, 19 ialah jangan menyekutukan Allah, setiap perbuatan yang dilakukan akan ada balasannya, mendirikan shalat, berbuat baik, nahi mungkar, sabar, jangan memalingkan muka, jangan angkuh, sederhana dalam berjalan, dan melunakkan suara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peran orang tua sebagai teladan dalam surat Luqman ayat 13, 16, 17, 18, dan 19 menggunakan metode pendidikan dengan nasihat dan metode pendidikan dengan keteladanan serta terdapat konten pendidikan akidah, pendidikan akhlak, dan pendidikan ibadah.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdurrazzaq. (2018). Karakteristik dan Kepribadian Nabi. Jakarta: PT Griya Ilmu Mandiri Sejahtera.
- Akmansyah. M. (2015), Al-Qur’an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, vol. 8, no. 2, Hal: 141
- Ansori, R. A. M., (2016), Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik, Jurnal Pusaka, vol. 8, Hal: 24
- Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
- Ayun, Q. (2016), Pendidikan Dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Prespektif Psikologi Perkembangan Islam, Jurnal Attarbiyah, vol. 26, Hal: 115
- Basire, J. H. T, (2010), Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Hunafa, vol. 7, no. 2, Hal: 169
- Djaelani, M. S., (2013), Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat, Jurnal Ilmiah Widya, vol. 1, no. 2, Hal: 105
- Faturrohman, pupuh. dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
- Fauzi. M. M, (2017), Kecerdasan Emosional Menurut Luqman Al-Hakim (Studi Analisis Surat Luqman, Ayat 12-19), Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, vol. 4, no. 1, Hal: 57
- Fauziah. P. Y, dkk. (2019), Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, Hal: 109
- Handayani. M. (2017), Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak, Jurnal Ilmiah Visi PGTK dan DIKMAS, vol. 12, no. 1, Hal: 77
- Hasnunidah, Neni. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
- Hidayat, N. (2015), Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Ta’allum, vol. 03, no. 02, Hal: 149
- Hidayat, N. (2016), Konsep Pendidikan Islam Menurut Q.S. Luqman Ayat 12-19, Jurnal Ta’allum, vol. 04, no. 02, Hal: 368
- Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka
- Jannah, Nur, S, dkk. (2018), Pendidikan Anak Menurut Zakiah Darajat. Jurnal Kependidikan Islam, vol. 4, no.1., Hal :60-61
- Juwita, D. R., (2018), Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini, Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 7, no.2., Hal :309
- Kementerian Agama RI (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.
- Lilawati. A. (2020), Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, Hal: 554
- Maskufah, Sri. 2014. Smart Messages for Ukhti. Jakarta: Zikrul Hakim
- Mardiyah. (2015), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Kependidikan, vol. III, no. 2, Hal: 121
- Moleong, Lexy J. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
- Navisah, I. (2017), Model Pengembangan Karakter Dalam Keluarga, Jurnal Psikoislamika, vol. 14, no. 1, Hal: 19
- Rahayu, Y. (2014), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Pada Keluarga Petani Di Desa Mekar Baru, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, vol. 5, no. 2, Hal: 85
- Sada. H. J. (2015), Konsep Pembentukan Kepribadian Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, Hal: 271
- Saripah. I. (2016), Peran Orang Tua Dan Keteladanan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 10, no. 2, Hal: 30
- Setiawan, A. (2016) Metode Pendidikan Islam Masa Kini Dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan, Jurnal Educasia, vol. 1, no. 2, Hal: 253
- Sudarsono. (2018). Pendidikan Ibadah Perspektif Al-Qur’an dan Hadits, Jurnal Studi Keislaman, vol. 4, no.1., Hal : 64
- Sugiyono,(2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono, (2015), Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
- Syaifuddin, dkk. (2017), Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga, Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, vol. 03, no. 02, Hal:165
- Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak Dala Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.3, no.1, Hal: 133
- Widyastuti. S. (2018), Parenting Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam, Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, vol. 2, no. 2, Hal: 192
- Winarni, Endang Widi., (2018). Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, dan R&D, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
- Yanuarti, dkk. (2020), Peran Orang Tua Penambang Emas Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Kelurahan Kampung Jawa, Jurnal Edification, vol. 3, no. 01, Hal: 10-11
- Yuliana, E. (2017), Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadits, Jurnal Al-Irfani STAI Darul Kamal NW Kembang kerang, vol. I, no. 2, Hal: 10
- Yusuf. M. (2019), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Dalam Surah Luqman, Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, Hal: 56
References
Abdurrazzaq. (2018). Karakteristik dan Kepribadian Nabi. Jakarta: PT Griya Ilmu Mandiri Sejahtera.
Akmansyah. M. (2015), Al-Qur’an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, vol. 8, no. 2, Hal: 141
Ansori, R. A. M., (2016), Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik, Jurnal Pusaka, vol. 8, Hal: 24
Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
Ayun, Q. (2016), Pendidikan Dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Prespektif Psikologi Perkembangan Islam, Jurnal Attarbiyah, vol. 26, Hal: 115
Basire, J. H. T, (2010), Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Hunafa, vol. 7, no. 2, Hal: 169
Djaelani, M. S., (2013), Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat, Jurnal Ilmiah Widya, vol. 1, no. 2, Hal: 105
Faturrohman, pupuh. dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Fauzi. M. M, (2017), Kecerdasan Emosional Menurut Luqman Al-Hakim (Studi Analisis Surat Luqman, Ayat 12-19), Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, vol. 4, no. 1, Hal: 57
Fauziah. P. Y, dkk. (2019), Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, Hal: 109
Handayani. M. (2017), Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak, Jurnal Ilmiah Visi PGTK dan DIKMAS, vol. 12, no. 1, Hal: 77
Hasnunidah, Neni. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Hidayat, N. (2015), Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Ta’allum, vol. 03, no. 02, Hal: 149
Hidayat, N. (2016), Konsep Pendidikan Islam Menurut Q.S. Luqman Ayat 12-19, Jurnal Ta’allum, vol. 04, no. 02, Hal: 368
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka
Jannah, Nur, S, dkk. (2018), Pendidikan Anak Menurut Zakiah Darajat. Jurnal Kependidikan Islam, vol. 4, no.1., Hal :60-61
Juwita, D. R., (2018), Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini, Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 7, no.2., Hal :309
Kementerian Agama RI (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.
Lilawati. A. (2020), Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, Hal: 554
Maskufah, Sri. 2014. Smart Messages for Ukhti. Jakarta: Zikrul Hakim
Mardiyah. (2015), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Kependidikan, vol. III, no. 2, Hal: 121
Moleong, Lexy J. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Navisah, I. (2017), Model Pengembangan Karakter Dalam Keluarga, Jurnal Psikoislamika, vol. 14, no. 1, Hal: 19
Rahayu, Y. (2014), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Pada Keluarga Petani Di Desa Mekar Baru, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, vol. 5, no. 2, Hal: 85
Sada. H. J. (2015), Konsep Pembentukan Kepribadian Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, Hal: 271
Saripah. I. (2016), Peran Orang Tua Dan Keteladanan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 10, no. 2, Hal: 30
Setiawan, A. (2016) Metode Pendidikan Islam Masa Kini Dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan, Jurnal Educasia, vol. 1, no. 2, Hal: 253
Sudarsono. (2018). Pendidikan Ibadah Perspektif Al-Qur’an dan Hadits, Jurnal Studi Keislaman, vol. 4, no.1., Hal : 64
Sugiyono,(2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2015), Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syaifuddin, dkk. (2017), Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga, Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, vol. 03, no. 02, Hal:165
Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak Dala Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.3, no.1, Hal: 133
Widyastuti. S. (2018), Parenting Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam, Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, vol. 2, no. 2, Hal: 192
Winarni, Endang Widi., (2018). Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, dan R&D, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Yanuarti, dkk. (2020), Peran Orang Tua Penambang Emas Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Kelurahan Kampung Jawa, Jurnal Edification, vol. 3, no. 01, Hal: 10-11
Yuliana, E. (2017), Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadits, Jurnal Al-Irfani STAI Darul Kamal NW Kembang kerang, vol. I, no. 2, Hal: 10
Yusuf. M. (2019), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Dalam Surah Luqman, Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, Hal: 56