Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran oleh guru di masa pandemic Covid-2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kota Bengkulu pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar SD Negeri 1 Kota Bengkulu yang melaksanakan kegiatan pembelajaran daring. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi dokumen, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru telah memiliki perangkat teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring; (2) Media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran daring yaitu What’s App Group, Zoom Meeting, Video Pembelajaran; dan (3) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi: perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan voice note, zoom meeting, juga What’s App Group; melaksanakan evaluasi pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran guru telah dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam media teknologi yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Kata Kunci: Strategi Guru,Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan . Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I 2017
- Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. IndonesianJournal of Teacher Education, 1(2), 61–70.
- Lestari, S. 2018. Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. edureligia Vol. 2, No. 2, 2018
- Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001
- Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
- Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
- Syukur, I A. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasidan Komunikasi Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 2, Juni 2014 Hal: 200-2010. Tersedia: http://repositori.kemdikbud.go.id/594/1/4.%20Imam.pdf
- Uno, H B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Zulfia, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 5No. 1 (2020). Hal: 539-544. Tersedia: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/268/172
References
Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan . Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I 2017
Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. IndonesianJournal of Teacher Education, 1(2), 61–70.
Lestari, S. 2018. Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. edureligia Vol. 2, No. 2, 2018
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
Syukur, I A. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasidan Komunikasi Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 2, Juni 2014 Hal: 200-2010. Tersedia: http://repositori.kemdikbud.go.id/594/1/4.%20Imam.pdf
Uno, H B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Zulfia, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 5No. 1 (2020). Hal: 539-544. Tersedia: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/268/172