Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar

Panut Setiono(1), Etika Handayani(2), Selvia Selvia(3), Wahyu Widian.A(4),
(1) PGSD Universitas Bengkulu, 
(2) PGSD Universitas Bengkulu, 
(3) PGSD Universitas Bengkulu, 
(4) PGSD Universitas Bengkulu, 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran oleh guru di masa pandemic Covid-2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kota Bengkulu pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar SD Negeri 1 Kota Bengkulu yang melaksanakan kegiatan pembelajaran daring. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi dokumen, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru telah memiliki perangkat teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring; (2) Media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran daring yaitu What’s App Group, Zoom Meeting, Video Pembelajaran; dan (3) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi: perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan voice note, zoom meeting, juga What’s App Group; melaksanakan evaluasi pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran guru telah dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam media teknologi yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Kata Kunci: Strategi Guru,Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan . Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I 2017

Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. IndonesianJournal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Lestari, S. 2018. Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. edureligia Vol. 2, No. 2, 2018

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Syukur, I A. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasidan Komunikasi Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 2, Juni 2014 Hal: 200-2010. Tersedia: http://repositori.kemdikbud.go.id/594/1/4.%20Imam.pdf

Uno, H B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Zulfia, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 5No. 1 (2020). Hal: 539-544. Tersedia: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/268/172




DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.3.402-407

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar



VISITOR JURIDIKDAS:

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

JURIDIKDAS indexed in:

 

 

JURIDIKDAS

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : juridikdas@unib.ac.id