Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran oleh guru di masa pandemic Covid-2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kota Bengkulu pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar SD Negeri 1 Kota Bengkulu yang melaksanakan kegiatan pembelajaran daring. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi dokumen, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru telah memiliki perangkat teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring; (2) Media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran daring yaitu What’s App Group, Zoom Meeting, Video Pembelajaran; dan (3) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi: perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan voice note, zoom meeting, juga What’s App Group; melaksanakan evaluasi pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran guru telah dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam media teknologi yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Kata Kunci: Strategi Guru,Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Setiono, P., Handayani, E., Selvia, S., & Widian.A, W. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 402–407. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.3.402-407

References

  1. Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan . Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I 2017
  2. Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. IndonesianJournal of Teacher Education, 1(2), 61–70.
  3. Lestari, S. 2018. Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. edureligia Vol. 2, No. 2, 2018
  4. Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001
  5. Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
  6. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
  7. Syukur, I A. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasidan Komunikasi Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 2, Juni 2014 Hal: 200-2010. Tersedia: http://repositori.kemdikbud.go.id/594/1/4.%20Imam.pdf
  8. Uno, H B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
  9. Zulfia, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 5No. 1 (2020). Hal: 539-544. Tersedia: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/268/172