Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Melalui Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media Manipulatif Siswa Kelas V SDN 44 Bengkulu Tengah

Sunyiati Sunyiati(1),
(1) SD Negeri 44 Bengkulu Tengah, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  matematika menggunakan model Inkuiri Terbimbing siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak  dua  siklus. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Tengah. Instrumen  penelitian menggunakan lembar  observasi  aktivitas guru, aktivitas  siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data mengunakan rata-rata hitung dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan: 1) aktivitas guru pada siklus pertama   diperoleh rata-rata 3,15 meningkat ke siklus kedua diproleh rata-rata 3,78, 2) aktivitas siswa pada siklus pertama   diperoleh rata-rata 3,21 danmeningkat pada siklus kedua menjadi 3,71, 3)Hasil   belajar pada siklus I diproleh rat-rata 61,87 dengan ketuntasan belajar 62,50%, meningkat  pada siklus II  menjadi 78,75 dengan ketuntasan belajar  81,25%. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan model Inkuiri Terbimbing menggunakan media manipulatif dapat meningkatkan  aktivitas  dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Tengah.


Full Text:

PDF

References


Anam, K., (2015), Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astuti, E. R., Joharman, J., & Suripto, S. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Datar Pada Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 5(4.1)

Depdiknas. 2006. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Heruman, (2007), Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karso, dkk., (2004), Pendidikan Matematika 1, Jakarta: Universitas Terbuka.

Kusmana.S.2010. Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya

Krismayeni.P.M.L.(2016).Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa,4(1)

Muhsetyo, G., (2014), Pembelajaran Matematika SD, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Parti, P., (2016), Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pecahan Sederhana Dan Penggunaannya Dalam Pemecahan Masalah Melalui Penggunaan Media Manipulatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Media Didaktika, 2(1)

Sanjaya, W., (2012), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto, (2007), Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardhani. I. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.1-9

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar



VISITOR JURIDIKDAS:

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

JURIDIKDAS indexed in:

 

 

JURIDIKDAS

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : juridikdas@unib.ac.id