Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika menggunakan model Inkuiri Terbimbing siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Tengah. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data mengunakan rata-rata hitung dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan: 1) aktivitas guru pada siklus pertama diperoleh rata-rata 3,15 meningkat ke siklus kedua diproleh rata-rata 3,78, 2) aktivitas siswa pada siklus pertama diperoleh rata-rata 3,21 danmeningkat pada siklus kedua menjadi 3,71, 3)Hasil belajar pada siklus I diproleh rat-rata 61,87 dengan ketuntasan belajar 62,50%, meningkat pada siklus II menjadi 78,75 dengan ketuntasan belajar 81,25%. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan model Inkuiri Terbimbing menggunakan media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Tengah.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anam, K., (2015), Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Astuti, E. R., Joharman, J., & Suripto, S. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Datar Pada Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 5(4.1)
- Depdiknas. 2006. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
- Heruman, (2007), Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Karso, dkk., (2004), Pendidikan Matematika 1, Jakarta: Universitas Terbuka.
- Kusmana.S.2010. Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya
- Krismayeni.P.M.L.(2016).Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa,4(1)
- Muhsetyo, G., (2014), Pembelajaran Matematika SD, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Parti, P., (2016), Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pecahan Sederhana Dan Penggunaannya Dalam Pemecahan Masalah Melalui Penggunaan Media Manipulatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Media Didaktika, 2(1)
- Sanjaya, W., (2012), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Trianto, (2007), Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Wardhani. I. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
References
Anam, K., (2015), Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti, E. R., Joharman, J., & Suripto, S. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Datar Pada Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 5(4.1)
Depdiknas. 2006. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Heruman, (2007), Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Karso, dkk., (2004), Pendidikan Matematika 1, Jakarta: Universitas Terbuka.
Kusmana.S.2010. Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya
Krismayeni.P.M.L.(2016).Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa,4(1)
Muhsetyo, G., (2014), Pembelajaran Matematika SD, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Parti, P., (2016), Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pecahan Sederhana Dan Penggunaannya Dalam Pemecahan Masalah Melalui Penggunaan Media Manipulatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Media Didaktika, 2(1)
Sanjaya, W., (2012), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto, (2007), Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardhani. I. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka