Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menjelaskan makna bilangan cacah pada siswa Kelas I SDN 078014 Safusi Kec. Lahewa Timur, Kab. Nias Utara Provinsi Sumatera Utara melalui penggunaan Media kartu Bilangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian merupakan siswa kelas I yang berjumlah 11 orang. Penelitian ini dilakukan pada Semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada proses pembelajaran pada siklus I, bahwa proses pembelajaran Matematika memperlihatkan bahwa kemampuan siswa secara klasikal masih dibawah standar KKM kelas 60 dan nilai rata-rata kelas adalah 63,64% atau hanya 7 anak yang tuntas. Hasil refleksi siklus II menunjukkan perubahan peningkatan kemampuan siswa yakni sebesar 90,91% atau sebanyak 10 siswa yang tuntas belajarnya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan makna bilangan cacah pada siswa Kelas I SDN 078014 Safusi Kecamatan Lahewa Timur, Kabupate. Nias Utara Provinsi Sumatera Utara
Kata Kunci: Bilangan Cacah, Kartu Bilangan, Kemampuan Matematika
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Indriani. 2013. Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan 1-5 pada Anak Tunagrahita Ringan. Jassi_Anakku. Volume 12 Nomor 2, Tahun 2013. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/4060
- Herawati, Erna. (2012) Penggunaan Kartu Bilangan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Negeri Caturtunggal 4 Depok. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
- Kusumawinata, I Made. (2009) Pemanfaatan Media Permainan Kartu Angka dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika dalam Operasi Hitung Bilangan Cacah Di SD (Studi di Kelas II SD Negeri Girimargo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
- Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Al-Khwarizmi, Volume III, Edisi 2, Oktober 2015, Hal. 21 – 30
- Prihandoko, Antonius Cahya. 2006. Pemahaman Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
- Prasetyo, J., Dadi, S. and Anggraini, D. (2020) ‘Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu’, Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), pp. 125–135. Available at: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/view/14484 (Accessed: 17 March 2021).
- Trisnani, Novy. 2019. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI SDN KASATRIYAN. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST
References
Indriani. 2013. Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan 1-5 pada Anak Tunagrahita Ringan. Jassi_Anakku. Volume 12 Nomor 2, Tahun 2013. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/4060
Herawati, Erna. (2012) Penggunaan Kartu Bilangan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Negeri Caturtunggal 4 Depok. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusumawinata, I Made. (2009) Pemanfaatan Media Permainan Kartu Angka dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika dalam Operasi Hitung Bilangan Cacah Di SD (Studi di Kelas II SD Negeri Girimargo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Al-Khwarizmi, Volume III, Edisi 2, Oktober 2015, Hal. 21 – 30
Prihandoko, Antonius Cahya. 2006. Pemahaman Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Prasetyo, J., Dadi, S. and Anggraini, D. (2020) ‘Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu’, Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), pp. 125–135. Available at: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/view/14484 (Accessed: 17 March 2021).
Trisnani, Novy. 2019. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI SDN KASATRIYAN. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST