Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada siswa kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. Metode penelitian yang digunakan dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, display/penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran guru dalam membentuk karakter pada siswa kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa yaitu guru menjadi teladan, dinamisator, serta evaluator. nilai-nilai karakter yang terbentuk pada siswa kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, toleransi, cinta damai, demokratis, komunikatif, menghargai prestasi, nasionalisme, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, dan integritas; faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa adalah guru sudah paham secara benar mengenai konsep dan aplikasi pendidikan karakter, sarana dan prasarana sekolah yang menunjang dalam pembelajaran dan proses pendidikan karakter, dan guru berperan aktif dalam pendidikan karakter sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik yang mempunyai tabiat yang kurang baik dan faktor keluarga, faktor lingkungan masyarakat yang kurang mendukung.

Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23

References

  1. Arifin, Muzzayyin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
  4. Dharma Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktis di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  5. Fitri, Agus Zainal (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai&Etika Di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  6. Furqon. 1997. Statistik Terapan untun Penelitian. Alfabeta: Bandung
  7. Ghufron, Anik. 2010. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran” Jurnal Ilmiah Pendidikan, (Online), Edisi Khusus Dies Natalis UNY Tahun XXIX, ISSN: 0216-1370 (http://uny.ac.id, diunduh 02 Maret 2015).
  8. Mulyasa, Enco. 2008. Menjadi Guru profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
  9. Putra, Nusa. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta: Indeks.
  10. Sarosa, Samiaji. 2011. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.
  11. Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  12. Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.