Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada siswa kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. Metode penelitian yang digunakan dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, display/penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran guru dalam membentuk karakter pada siswa kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa yaitu guru menjadi teladan, dinamisator, serta evaluator. nilai-nilai karakter yang terbentuk pada siswa kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, toleransi, cinta damai, demokratis, komunikatif, menghargai prestasi, nasionalisme, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, dan integritas; faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa adalah guru sudah paham secara benar mengenai konsep dan aplikasi pendidikan karakter, sarana dan prasarana sekolah yang menunjang dalam pembelajaran dan proses pendidikan karakter, dan guru berperan aktif dalam pendidikan karakter sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik yang mempunyai tabiat yang kurang baik dan faktor keluarga, faktor lingkungan masyarakat yang kurang mendukung.
Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arifin, Muzzayyin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas.
- Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
- Dharma Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktis di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Fitri, Agus Zainal (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai&Etika Di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
- Furqon. 1997. Statistik Terapan untun Penelitian. Alfabeta: Bandung
- Ghufron, Anik. 2010. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran” Jurnal Ilmiah Pendidikan, (Online), Edisi Khusus Dies Natalis UNY Tahun XXIX, ISSN: 0216-1370 (http://uny.ac.id, diunduh 02 Maret 2015).
- Mulyasa, Enco. 2008. Menjadi Guru profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Putra, Nusa. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta: Indeks.
- Sarosa, Samiaji. 2011. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.
- Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
References
Arifin, Muzzayyin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
Dharma Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktis di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fitri, Agus Zainal (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai&Etika Di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Furqon. 1997. Statistik Terapan untun Penelitian. Alfabeta: Bandung
Ghufron, Anik. 2010. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran” Jurnal Ilmiah Pendidikan, (Online), Edisi Khusus Dies Natalis UNY Tahun XXIX, ISSN: 0216-1370 (http://uny.ac.id, diunduh 02 Maret 2015).
Mulyasa, Enco. 2008. Menjadi Guru profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Putra, Nusa. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta: Indeks.
Sarosa, Samiaji. 2011. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.