Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi pokok pengetahuan yang meliputi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural dan pengetahuan metakognitif dalam buku Tematik IPA kelas 6 SD tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera dan tema 7 Kepemimpinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis dimensi pengetahuan pada buku Tematik isi IPA mahasiswa dengan menggunakan lembar panduan analisis dimensi pengetahuan yang dianalisis oleh peneliti sendiri dan dua orang penilai adalah alumni Magister Sains. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi pengetahuan dalam buku Tematik isi IPA siswa memiliki jumlah kemunculan yang berbeda-beda. Pada tema 6, pengetahuan faktual (30,55%), pengetahuan konseptual (41,67%), pengetahuan prosedural (5,56%), pengetahuan metakognisi (22,22%), munculnya pengetahuan konseptual dan yang terbesar adalah pengetahuan prosedural. Pada tema 7, pengetahuan faktual (15,62%), pengetahuan konseptual (18,75%), pengetahuan prosedural (28,12%), pengetahuan metakognitif (28,12%), kejadian terbesar adalah pengetahuan prosedural dan metakognisi dan terkecil adalah pengetahuan faktual.

Article Details

How to Cite
Gotriansyah, K., Winarni, E. W., & Dalifah, D. (2021). ANALISIS BUKU TEMATIK SISWA MUATAN IPA DITINJAU DARI DIMENSI PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNISI (Studi Deskriptif Materi IPA Tema 6 dan 7 Kelas VI SD). JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 349–362. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.3.%p