Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi pokok pengetahuan yang meliputi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural dan pengetahuan metakognitif dalam buku Tematik IPA kelas 6 SD tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera dan tema 7 Kepemimpinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis dimensi pengetahuan pada buku Tematik isi IPA mahasiswa dengan menggunakan lembar panduan analisis dimensi pengetahuan yang dianalisis oleh peneliti sendiri dan dua orang penilai adalah alumni Magister Sains. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi pengetahuan dalam buku Tematik isi IPA siswa memiliki jumlah kemunculan yang berbeda-beda. Pada tema 6, pengetahuan faktual (30,55%), pengetahuan konseptual (41,67%), pengetahuan prosedural (5,56%), pengetahuan metakognisi (22,22%), munculnya pengetahuan konseptual dan yang terbesar adalah pengetahuan prosedural. Pada tema 7, pengetahuan faktual (15,62%), pengetahuan konseptual (18,75%), pengetahuan prosedural (28,12%), pengetahuan metakognitif (28,12%), kejadian terbesar adalah pengetahuan prosedural dan metakognisi dan terkecil adalah pengetahuan faktual.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.