Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan kelas pada pembelajaran outdoor kelas VA di Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang bersifat naturalistik. Subjek penelitian adalah guru kelas VA Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu, yaitu Ibu HS dan Bapak DS. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian telah melaksanakan pengelolaan kelas pada pembelajaran outdoor yaitu, melaksanakan kegiatan pembelajaran outdoor dengan mengorganisasi siswa, memberikan penjelasan kegiatan belajar, kegiatan belajar berkelompok, membatasi wilayah belajar, menggunakan media dan sumber pembelajaran outdoor, dan memperhatikan kenyamanan pada pembelajaran outdoor. Tetapi pada kegiatan pembelajaran outdoor, guru kelas VA tidak melaksanakan perkenalan kelas outdoor. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru kelas VA di Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu telah melaksanakan penglolaan kelas pada kegiatan pembelajaran outdoor, tetapi tidak melakukan perkenalan kelas outdoor, dan terdapat penemuan baru di luar indikator penelitian yaitu guru kelas VA memberikan batas wilayah belajar kepada siswa

Article Details

How to Cite
Sari, N., Lusa, H., & Yuliantini, N. (2018). Studi Deskriptif Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Outdoor Kelas VA Di Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.33369/juridikdas.1.1.%p