Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri gugus Curup Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode  yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain TheMatching Only PretestPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SDN gugus Curup Kota yang berjumlah 9 SD. Sampel SDN 16 Rejang Lebong, teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 37 siswa, kelas VA berjumlah 17 Siswa sebagi kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 20 Siswa sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian berupa lembar tes objektif hasil belajar kognitif. Instrumen penelitian ini diberikan sebanyak dua kali pada pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t yaitu  thitung sebesar 3,47 dan nilai ttabel 1,69 taraf signifikan 5%. Jadi,  thitung (3,47) > ttabel (1,69). Artinya,  thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN gugus Curup Kota.

 

Keywords: CLIS, hasil belajar, pembelajaran IPA 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri gugus Curup Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode  yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain TheMatching Only PretestPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SDN gugus Curup Kota yang berjumlah 9 SD. Sampel SDN 16 Rejang Lebong, teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 37 siswa, kelas VA berjumlah 17 Siswa sebagi kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 20 Siswa sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian berupa lembar tes objektif hasil belajar kognitif. Instrumen penelitian ini diberikan sebanyak dua kali pada pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t yaitu  thitung sebesar 3,47 dan nilai ttabel 1,69 taraf signifikan 5%. Jadi,  thitung (3,47) > ttabel (1,69). Artinya,  thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN gugus Curup Kota.

Article Details

How to Cite
Saputro, E. B., Dalifa, D., & Gunawan, A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS CURUP KOTA. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.33369/juridikdas.1.1.%p

References

  1. Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Fudyartanta, Ki. 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Universitas Terbuka. Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Peaget”. Intelektualita. Vol. 3, No. 1, JanuariJuni 2015. Irawati. 2014. Jurnal Administrasi Pendidikan. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah Dasar. Vol.2, No. 1, Juni 2014. Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Rosalin, Elin. 2008. Pemanfaatan Perpustakaan dan Sumber Informasi. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada. Sudarnoto, Abdul Hakim. 2007. Perpustakaan dan Pendidikan Pemetaan Peran Serta Perpustakaan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Unib. Yudi, C Teguh. 2009. Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mencetak Siswa Berprestasi. Jurnal Perpustakaan Sekolah (Nomor 1978-9548). Hlm. 1-13