Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri gugus Curup Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain TheMatching Only PretestPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SDN gugus Curup Kota yang berjumlah 9 SD. Sampel SDN 16 Rejang Lebong, teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 37 siswa, kelas VA berjumlah 17 Siswa sebagi kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 20 Siswa sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian berupa lembar tes objektif hasil belajar kognitif. Instrumen penelitian ini diberikan sebanyak dua kali pada pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t yaitu thitung sebesar 3,47 dan nilai ttabel 1,69 taraf signifikan 5%. Jadi, thitung (3,47) > ttabel (1,69). Artinya, thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN gugus Curup Kota.
Keywords: CLIS, hasil belajar, pembelajaran IPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri gugus Curup Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain TheMatching Only PretestPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SDN gugus Curup Kota yang berjumlah 9 SD. Sampel SDN 16 Rejang Lebong, teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 37 siswa, kelas VA berjumlah 17 Siswa sebagi kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 20 Siswa sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian berupa lembar tes objektif hasil belajar kognitif. Instrumen penelitian ini diberikan sebanyak dua kali pada pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t yaitu thitung sebesar 3,47 dan nilai ttabel 1,69 taraf signifikan 5%. Jadi, thitung (3,47) > ttabel (1,69). Artinya, thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN gugus Curup Kota.Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Fudyartanta, Ki. 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Universitas Terbuka. Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Peaget”. Intelektualita. Vol. 3, No. 1, JanuariJuni 2015. Irawati. 2014. Jurnal Administrasi Pendidikan. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah Dasar. Vol.2, No. 1, Juni 2014. Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Rosalin, Elin. 2008. Pemanfaatan Perpustakaan dan Sumber Informasi. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada. Sudarnoto, Abdul Hakim. 2007. Perpustakaan dan Pendidikan Pemetaan Peran Serta Perpustakaan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Unib. Yudi, C Teguh. 2009. Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mencetak Siswa Berprestasi. Jurnal Perpustakaan Sekolah (Nomor 1978-9548). Hlm. 1-13
References
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Fudyartanta, Ki. 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Universitas Terbuka. Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Peaget”. Intelektualita. Vol. 3, No. 1, JanuariJuni 2015. Irawati. 2014. Jurnal Administrasi Pendidikan. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah Dasar. Vol.2, No. 1, Juni 2014. Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Rosalin, Elin. 2008. Pemanfaatan Perpustakaan dan Sumber Informasi. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada. Sudarnoto, Abdul Hakim. 2007. Perpustakaan dan Pendidikan Pemetaan Peran Serta Perpustakaan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Unib. Yudi, C Teguh. 2009. Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mencetak Siswa Berprestasi. Jurnal Perpustakaan Sekolah (Nomor 1978-9548). Hlm. 1-13