Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendongeng
dengan metode storytelling games terhadap sikap peduli sosial siswa
kelas V SDN 49 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quaisy
Eksperimen Design dengan jenis desain The Matching Only PretestPosttest Group Design. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum
dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel.
Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN 49 Kota Bengkulu,
dimana kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas
eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket
yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan
posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu
uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata pretest pada
kelompok kontrol sebesar 52,55 dan kelompok eksperimen sebesar 54,75.
Sedangkan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 65,00
dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 51,30. Hasil uji-t posttest
kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 4,419 dan
ttabel 2,024. Jadi thitung (4,419) > ttabel (2,024). Nilai thitung yang
diperoleh lebih tinggi dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh mendongeng dengan metode storytelling games
terhadap sikap peduli sosial siswa kelas V SDN 49 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Medongeng, Metode Storytelling Games, Sikap Peduli Sosial.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hendri. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
- Idris, Meity. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng. Jakarta: Luxima
- Kuriawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar:ruzz media
- Kurniawan, Heru. 2013. Keajaiban Mendongeng. Jakarta:PT Bhuana Ilmu Populer
- Latif, Abdul. 2014. Mendongeng Mudah dan Menyenangkan. Jakatarta:Luxima
- Sayy, Wees Ibnoe. 2016. Mari Mendongeng. Yogyakarta: Lusiana Sabriah
- Supendi. 2007. 50 Permainan Fun Game. Jakarta: Swadaya
- Semiawan, Conny. 2008. Belajar Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta:Indeks
- Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta
- _______ 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
- Wiyani, Ardy. 2012. Managemen Pendidikan Karakter. Yogjakarta:PT Pustaka Insan Madani
- Wibowo, Agus. 2013. Managemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB
- Adawiah,Rabiatul. 2016. “Profeseonalitas Guru dan Pendidikan Karakter oleh Program Studi PPKn
- Universitas Lambung”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, hlm. 939-940
- Hartiwi, 2016. “Pelaksanaan Pembiasaan Nilai Agama dan Moral Pada Anak”. Jurnal Pendidikan Anak,
- hlm 318-320
- Lipman, Doug.Teaching Storytelling Games. Jurnal Pendidikan
- Primulawati Soetantyo, Sylvia. 2013. “Peranan Dongeng dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah
- Dasar oleh Prodi PKn, SPs UPI”. Jurnal Penidikan Ilmu Sosial, hlm. 15-16
- Perdani, Putri Admi. 2014. “Peningkatan Keterampilan Sosial Anak melalui Permainan”. Jurnal
- Pendidikan, hlm129-131
- Vera Sopya, Ida. 2014. “Membangun Kepribadian Anak dengan Dongeng oleh Dosen Jurusan Tarbiyah
- Stain Kudus”. Jurnal Pendidikan, hlm. 183-184
References
Hendri. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Idris, Meity. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng. Jakarta: Luxima
Kuriawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar:ruzz media
Kurniawan, Heru. 2013. Keajaiban Mendongeng. Jakarta:PT Bhuana Ilmu Populer
Latif, Abdul. 2014. Mendongeng Mudah dan Menyenangkan. Jakatarta:Luxima
Sayy, Wees Ibnoe. 2016. Mari Mendongeng. Yogyakarta: Lusiana Sabriah
Supendi. 2007. 50 Permainan Fun Game. Jakarta: Swadaya
Semiawan, Conny. 2008. Belajar Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta:Indeks
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta
_______ 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Wiyani, Ardy. 2012. Managemen Pendidikan Karakter. Yogjakarta:PT Pustaka Insan Madani
Wibowo, Agus. 2013. Managemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB
Adawiah,Rabiatul. 2016. “Profeseonalitas Guru dan Pendidikan Karakter oleh Program Studi PPKn
Universitas Lambung”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, hlm. 939-940
Hartiwi, 2016. “Pelaksanaan Pembiasaan Nilai Agama dan Moral Pada Anak”. Jurnal Pendidikan Anak,
hlm 318-320
Lipman, Doug.Teaching Storytelling Games. Jurnal Pendidikan
Primulawati Soetantyo, Sylvia. 2013. “Peranan Dongeng dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah
Dasar oleh Prodi PKn, SPs UPI”. Jurnal Penidikan Ilmu Sosial, hlm. 15-16
Perdani, Putri Admi. 2014. “Peningkatan Keterampilan Sosial Anak melalui Permainan”. Jurnal
Pendidikan, hlm129-131
Vera Sopya, Ida. 2014. “Membangun Kepribadian Anak dengan Dongeng oleh Dosen Jurusan Tarbiyah
Stain Kudus”. Jurnal Pendidikan, hlm. 183-184