Pengaruh Media Visual Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas V SDN17 Kota Bengkulu

Deni Rio Pratama(1), Hasnawati Hasnawati(2), Abdul Muktadir(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitakan Bengkulu, Indonesia
(3) Univeritas Bengkulu, 

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menyimak bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, di mana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest  dan posttest. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan  t hitung sebesar 2,68 lebih besar dari nilai t tabel 2,01. Berarti Ha diterima. Nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Rosdiana, Yusi. 2014. Bahasa dan Sastra Indoneia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Santoso, Anang. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Kata Pena




DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.1.71-77

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VISITOR JURIDIKDAS: StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

JURIDIKDAS indexed by:

 

 

JURIDIKDAS

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
JIP FKIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman
BENGKULU - INDONESIA
e-mail : juridikdas@unib.ac.id