Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menyimak bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, di mana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest  dan posttest. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan  t hitung sebesar 2,68 lebih besar dari nilai t tabel 2,01. Berarti Ha diterima. Nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Pratama, D. R., Hasnawati, H., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Media Visual Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas V SDN17 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1), 71–77. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.1.71-77

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  4. Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.
  5. Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
  6. Rosdiana, Yusi. 2014. Bahasa dan Sastra Indoneia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  7. Santoso, Anang. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  8. Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  10. Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  11. Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Kata Pena