Editorial Policies

Focus and Scope

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember (p-ISSN 2460-8734; eISSN 2460-9145) berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa analisis, kajian, dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan kepustakaan

Published twice a year in June and December (p-ISSN 2460-8734; eISSN 2460-9145) contains scientific articles on language, literature, and its teaching, written in both Indonesian and foreign languages. Articles that include the analysis, study, and application of theory, research results, and discussion of the literature

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.

All manuscripts are reviewed anonymously by the best partner (reviewers) appointed by the editor in his field of expertise. The author of the article is given the opportunity to make improvements (revision) of the manuscript on the basis of recommendations / suggestions from bestari partners or editors. Certainty of loading or rejection of the manuscript will be notified in writing.

 

Open Access Policy

Semua artikel yang dimuat di Jurnal Bahasa dan Seni bebas untuk diakses. Setiap pengutipan sebagian atau keseluruhan diwajibkan mencantumkan rujukannya.

 

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Author Ethics

  1. Pelaporan; penulis harus melaporkan proses dan hasil penelitian mereka secara adil, jelas, tepat, akurat, menyeluruh, dan tidak memihak serta menyimpan data dengan baik. Kejujuran diharapkan dalam menyajikan data dan informasi apa pun yang tercantum dalam konten dan hasil penelitian.
  2. Keaslian; penulis membuat pernyataan bahwa artikel yang diserahkan kepada editor jurnal adalah asli (dari ide penulis sendiri), tidak pernah disampaikan dan dipublikasikan di media apa pun, dalam bahasa apa pun, dan tidak dalam proses penyerahan ke penerbit lain. Kasus duplikasi dan penipuan publikasi, artikel ini dapat dihapus dari jurnal ini.
  3. Sumber yang jelas; penulis harus menyebutkan dan memastikan bahwa setiap bahan bacaan yang digunakan sebagai kutipan dan bibliografi ditulis dengan jelas dan lengkap. Penulis dilarang keras mengutip tulisan orang lain tanpa mengutip sumber aslinya.
  4. Tanggung jawab; penulis sepenuhnya bertanggung jawab atas data dan tulisan penelitian, dalam hal metode, analisis, perhitungan, dan perincian. Jika verifikasi diperlukan dari editor dan pengulas, penulis bersedia menjawabnya dengan jelas, tepat dan adil.
  5. Setiap penulis dan telah disetujui oleh seluruh tim penulis. Setiap perubahan, pengurangan atau penambahan nama penulis, harus disetujui oleh tim penulis. Pihak lain yang berkontribusi sepenuhnya (tidak substansi) dalam menulis makalah ini, penulis menyatakan terima kasih kepada pihak-pihak terkait.
  6. Ketepatan waktu; penulis merevisi naskah dan mengedit teks tepat waktu demi disiplin dan publikasi jurnal reguler. Jika tidak, penulis siap untuk mengambil konsekuensinya, yaitu penundaan publikasi artikel jurnal.