Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kualitasproses pembelajaran dan kemampuan berbicara dengan metode bermain peran (role play) siswa kelas XII IPS1 MAN Manna Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap repleksi dan seterusnya sampai perbaikan dan peningkatan dapat tercapai. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa, wawancara, dan tes belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode bermain peran (role play) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan berbicara pada siswa kelas XII IPS 1 MAN Manna Bengkulu Selatan tahun pelajaran 2014-2015 . Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya presentase sikap siswa pada minat, keaktifan, kerja sama dan sikap pada siklus I 93,75% , pada siklus II menjadi 96,88%. Kemampuan berbicara pada siklus I rata rata kelas 69,09%, setelah tindakan pada siklus II meningkat menjadi 80,41%.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
- Asrori Muhammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Wahana Prima.
- Djamarah. 2002. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
- Sunarti. Strategi Belajar Mengajar. 2000. Bandung. Pustaka Setia.
- Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung. Angkasa.
- Tarigan, Henry Guntur. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung. Angkasa.
- Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran Kompetensi Bahasa. 2009. Bandung. Angkasa.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Asrori Muhammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Wahana Prima.
Djamarah. 2002. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sunarti. Strategi Belajar Mengajar. 2000. Bandung. Pustaka Setia.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung. Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung. Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran Kompetensi Bahasa. 2009. Bandung. Angkasa.