Main Article Content

Abstract

Menulis artikel dan memublikasikannya di jurnal nasional atau jurnal internasional merupakan salah satu prasyarat yang harus dilakukan oleh guru untuk mengajukan kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam hal ini, guru Bahasa Inggris, khususnya yang ada di Kota Bengkulu mengalami kesulitan dalam menulis artikel jurnal ilmiah. Mereka kesulitan untuk mengembangkan ide dalam menulis artikel jurnal ilmiah. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para guru bahasa Inggris dalam menulis artikel jurnal ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal nasional. Pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru bahasa Inggris dalam menulis artikel jurnal Nasional. Kegiatan ini menggunakan konsep workshop dengan beberapa kegiatan proses seperti presentasi materi, penulisan artikel, dan bimbingan teknis. Berdasarkan hasil pelatihan terbukti bahwa pengetahuan dan kemampuan para guru bahasa Inggris semakin baik setelah mengikuti pelatihan ini. Hasil angket menunjukkan> 80% peserta pelatihan memberikan respon yang positif. Selain itu, analisis data hasil uji regresi juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan menulis artikel jurnal terhadap kemampuan guru bahasa Inggris di Kota Bengkulu. Nilai Sig = 0,002 <0,025 artinya hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, pelatihan menulis artikel jurnal nasional berdampak pada perubahan guru bahasa Inggris di Kota Bengkulu.

Keywords

Pelatihan artikel jurnal guru bahasa Inggris

Article Details

How to Cite
Maisarah, I., Safnil, S., & Sofyan, D. (2020). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL NASIONAL UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI KOTA BENGKULU. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 74–89. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13359

References

  1. Arsyad, S. (2014). Menulis Artikel Jurnal Internasional dengan Gaya Retorika Bahasa Inggris. Bengkulu: Halaman Moeka Publishing.
  2. Belcher, W.L. 2009. Writing for Journal Articles in 12 weeks: A guide to Academic Publishing Success. London: Sage
  3. Bhatia V.K . (2013). Analyzing Genre Language Use in Professional Settings. New York. Routledge
  4. Cargill, M. & O’Connor, P. (2009). Writing Scientific Research Articles Strategy and Steps. United Kingdom: Blackwell Publishing.
  5. Feez, S. & Joyce. (1998). Text-based syllabus design. Sydney: AMES.
  6. Gunawan, dkk. (2017). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Universitas Negeri Malang. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat
  7. Gunawan, I. (2015). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23 Agustus, hlm. 305-312.
  8. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 83/1994 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
  9. Murray, R. 2005. Writing For Academic Journals. New York: Open University PressPaltridge, B. (2001). Genre and the language learning classroom. USA: Michigan press.
  10. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
  11. Swales, J.M. 1991. Genre Analysis: English in Academic and Research Setting. Great Britain: Cambridge University Press
  12. Wallwork, A. 2011. English for Writing Research Papers. London: Springer