Main Article Content

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian (1) memberi pelatihan menulis proposal penelitian skripsi kepada mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu agar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang cara menulis proposal penelitian skripsi  dan (2) memberi kemampuan, pemahaman, dan keterampian kepada mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu dalam menulis proposal penelitian skripsi sesuai dengan kaidah penulisan proposal penelitian skripsi yang baik. Kegiatan pengabdian kepada mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu mulai secara daring pada tanggal 2-3 November 2020 di Universitas Bengkulu. Khalayak sasaran yang dilibatkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah sosialisasi dan pendampingan. Rancangan evaluasi untuk mengukur kebermanfaatan pelatihan menulis proposal dengan angket dan untuk mengukur kemampuan menulis proposal dengan pemberian tugas menulis proposal penelitian skripsi. Indikator untuk mengukur kebermanfaatan pelatihan penulisan proposal skripsi dan kemampuan mahasiswa menulis proposal penelitian skripsi  dengan mencocokkan tabel rubrik yang berisi tentang kelengkapan dalam penulisan judul, masalah dan rumusan masalah, manfaat penelitian, kerangka teori dan kajian pustaka, dan metodologi penelitian. Hasil capaian pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan menulis proposal penelitian skripsi bermanfaat bagi mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu dan mahasiswa memiliki kemampuan mereka dalam menulis proposal penelitian skripsi dengan baik. Kegiatan pengabdian perlu dilanjutkan dengan pendampingan yang lebih intensif agar mereka lebih mampu dalam menulis proposal pada saat menyusun skripsi yang dibimbing oleh pembimbing utama dan pembimbing pendamping yang telah di-SK-kan oleh Dekan FKIP Universitas Bengkulu

Keywords

pelatihan menulis proposal penelitian skripsi

Article Details

Author Biographies

Susetyo Susetyo, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

Sarwit Sarwono, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu
How to Cite
Susetyo, S., & Sarwono, S. (2020). PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN SKRIPSI BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13565

References

  1. Faelasofi, R., 2018. Faktor Dominan Kesulitan Mahasiswa pada Penulisan Skripsi. Jurnal e-DuMath, 4(1), p.95. Available at: http://dx.doi.org/10.26638/je.592.2064.
  2. Firza. (2018). Kesulitan menulis proposal mahasiswa semester VIII pada Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing. Jurnal Diakronika, 18(2).
  3. Gani, E. (2019). Komponen-Komponen Karya Ilmiah. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
  4. Sugiyono. (2015). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
  5. Susetyo, S., Basuki, R., Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28-29, http://www2.unp.ac.id/index.php/abdi/article/view/35
  6. Susetyo. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Bengkulu: UPP FKIP Universitas Bengkulu.
  7. Zuriati. (2018). Kesulitan yang Dihadapi Mahasiswa dalam Menyusun Proposal. Jurnal Diakronika, 18(2).