Main Article Content

Abstract

Tujuan Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk memberikan pengalaman menulis proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), khususnya, perubahan pola pikir (mindset) sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam menulis draf proposal PTK bagi guru Bahasa Indonesia Kelompok MGMP SMP N/S di Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rejang Lebong Jalan Basuki Rahmad No 06 Curup pada hari Rabu, 19 Februari 2020, Pukul 08.00 s.d 16.00 WIB., dengan peserta sebanyak 30 orang. Kegiatan ini menggunakan metode Bimbingan Teknis melalui ceramah, tanya jawab, diskusi terpimpin, dan demonstrasi praktis. Narasumber kegiatan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu, dengan presentasi materi penulisan draf proposal PTK, mencakup judul, permasalahan PTK, Kerangka Teori, dan Metode Pelaksanaan PTK melalui tiga tahapan, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan. Target capaian kegiatan, yakni perubahan pola pikir sikap, pengetahuan, dan keterampilan guru bahasa Indonesia dalam menulis draf proposal PTK dan tersusunnya laporan hasil Pengabdian pada Masyarakat serta luaran berupa artikel Jurnal PPM. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan telah mengubah pengetahuan dan keterampilan guru bahasa Indonesia dalam menulis draf proposal PTK secara baik dan bermakna. Terlihat dari keterampilan guru dalam merumuskan judul dan bagian permasalahan PTK. Pelatihan ini juga telah mengubah aktivitas pola pikir (mindset), khususnya sikap guru bahasa Indonesia yang menyatakan hasil kegiatan dalam menulis draf proposal PTK penting dan bermanfaat. Hal ini tampak dari aktivitas peserta yang bersemangat dalam mengikuti proses pembimbingan dan diskusi menyusun judul dan permasalahan PTK serta bukti hasil evaluasi yang secara umum menyatakan sangat bermanfaat. Harapan peserta, bahwa kegiatan ini perlu ada tindak lanjut, baik melalui bimtek mandiri secara online melalui WA, maupun kegiatan pelatihan lanjutan penyusunan kerangka teori dan metodologi penelitian hingga penelitian di kelas serta tersusunnya laporan PTK  dan artikel untuk jurnal ilmiah. 

Keywords

Pelatihan Bimtek Draf Proposal PTK

Article Details

How to Cite
Yulistio, D. (2021). PELATIHAN PENULISAN DRAF PROPOSAL PTK BAGI GURU BAHASA INDONESIA KELOMPOK MGMP SMP DI KABUPATEN REJANG LEBONG. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(2), 118–131. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i2.14262

References

  1. Arikunto, S. (2011). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Yudhistira, D. (2013). Menulis penelitian tindakan kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: Penerbit Grasindo.
  3. Zuriah, N. (2003). Penelitian tindakan kelas dalam bidang pendidikan dan sosial. Malang: Bayu Media Publishing.
  4. Supriyadi. (2013). Strategi belajar dan mengajar. Yogyakarta: Penerbit Jaya Ilmu.
  5. Surapranata, S. (2009). “Pendidikan dan Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Guru”, dalam Suyatno, dkk. Pengembangan Profesionalisme Guru: 70 Tahun Abdul Malik Fadjar. Jakarta: Uhamka Press.
  6. Wiriatmadja, R. (2006). Metode penelitian tindakan kelas: Untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Yaumi, M. (2018). Pendidikan karakter: Landasan, pilar, dan implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.