Main Article Content

Abstract

Pada masa pandemik, pendidikan menitik beratkan kepada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara terpadu. Teknologi sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi manusia mandiri yang terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, dan kreatif. Teknologi yang di gunakan dalam pengabdian ini adalah Mobile Assisted Language Learning dan memperkenalkan model pembelajaran baru yaitu Google Classroom Model. Pemberlakuan model pembelajaran baru ini menuntut guru untuk senantiasa kreatif dalam menerapkan teknik pengajaran. Salah satunya yaitu dengan rekaman video dengan screen castify. Berdasarkan analisis situasi dan fakta di lapangan, maka dalam pengabdian kepada masyarakat ini dapat diidentifikasi permasalahan sebagai berikut: guru-guru Sekolah Dasar di Kabupaten Ciamis belum memiliki pemahaman dalam mengimplementasikan model tersebut dalam era New Normal. Dengan demikian perumusan masalah yang bisa dirumuskan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: apakah pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru-guru sekolah dasar dimasa pandemic COVID 19.

Keywords

pemanfaatan teknologi google classroom Pembelajaran Jarak Jauh

Article Details

How to Cite
Rachmawati, E., Irianti, L., & Ijudin, M. (2021). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROM DAN SCREENCASTIFY DI ERA NEW NORMAL. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(2), 132–143. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i2.14994

References

  1. Afrilyasanti, R., Cahyono, B.y., AstutiU. P. (2016). Effect of flipped classroom model on Indonesian EFL students’ writing ability across and individual differences in learning. International Journal of English Language and Linguistics Research, 4(5), 65–81. https://doi.org/10.1111/1365-2664.12754.
  2. Bishop, J., & Verleger, M. (2013). Testing the flipped classroom with model-eliciting activities and video lectures in a mid-level undergraduate engineering course. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 161–163. https://doi.org/10.1109/FIE.2013.6684807.
  3. Bullock, S. (2011). Teaching 2.0: (Re)learning to teach online. Interactive Technology and Smart Education, 8(2), 94–105.
  4. Drajati, Nur Arifah, Tan, Lynde., Haryati, Sri., Rochsantiningsih., and Zainuri, Hasan. (2018). Investigating English Language Teachers In Developing Tpack And Multimodal Literacy. Indonesian Journal of Applied Linguistics, Vol. 7 No. 3, January 2018, pp. 575-582.
  5. Hsieh, J.S.C., Wu, Wen-Chi Vivian; Marek, M.W. (2016). Using the Flipped Classroom to Enhance EFL Learning. Article: Computer Assisted Learning. DOI:10.1080/09588221.2015.1111910. Research Gate Publication. 283014360.
  6. Hsieh, B. (2017). Step by step, Slowly I Fip. L. Santos Green et al. (eds.), The Flipped College Classroom, Educational Communications and Technology: Issues and Innovations, DOI 10.1007/978-3-319-41855-1_2.
  7. Hockly, N., & Dudeney, G. (2014). Going mobile: Teaching and learning with handheld devices. London, England: Delta Publishing.
  8. Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford University. New York, USA.
  9. Kosnik, C., White, S., Beck, C., Marshal, B., Goodwin, A. L., Murray, J. (Eds.),. (2016). Building Bridges, 3–16. Sense Publishers. Rotherdam.
  10. Maninun, C., & Kittichartchaowalit, K. (2017). Effects of Team-Based Learning in a Flipped Classroom With Enhancement of Language learning and, (1), 1–5.
  11. Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers CollegeRecord, 108(6), 1017–1054.
  12. Tazijan, F. N., Abdullah, C. H., Zainol, N., & Noor, S. M. (2017). Building Communication Skills through Flipped Classroom, 3(1), 142–147.